Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Cara Aman Merawat dan Mencuci Sepatu Warna Putih

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepatu berwarna putih lebih mudah terlihat kotor dibandingkan dengan warna lainnya.

Maka dari itu, tidak heran jika ada orang-orang yang enggan memakainya untuk jalan-jalan di luar ruangan, seperti di taman.

Namun, seperti disadur Reader’s Digest, Kamis (17/2/2022), terdapat cara untuk membersihkan sepatu warna putih dan menjaga warnanya tetap cerah. Apa saja?

Untuk menjaga agar sepatu warna putih tetap bersih, gunakan semprotan pembersih sepatu yang biasa dijual di toko sepatu.

Sebelum dipakai untuk jalan-jalan, semprotkan cairan tersebut pada seluruh sisi sepatu, dan diamkan semalaman agar mengering. Lakukan ini setiap beberapa minggu.

Bersihkan sol

Gunakan spons pembersih serbaguna, juga disebut Magic Eraser, untuk menjaga sepatu agar tetap berwarna putih.

Kamu hanya perlu membasahi Magic Eraser dengan air, dan gosokkan ke sepatu dengan gerakan melingkar hingga busa melamin terlihat.

Cuci tali sepatu

Tali sepatu yang kotor akan membuat tampilan sepatu berwarna putih tidak indah. Cuci dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit detergen.


Masukkan tali sepatu hingga terendam di dalam air, dan gosok dengan lembut untuk menghilangkan nodanya hingga terlihat bersih kembali.

Cara mencuci sepatu warna putih

Kanvas

Campurkan setengah bagian air dan stengah bagian hidrogen peroksida. Lalu, campurkan campuran tersebut dengan satu bagian soda kue hingga membentuk pasta.

Sebelum mengoleskan campuran pasta, singkirkan seluruh kotoran pada sepatu kanvas terlebih dulu. Setelah dioleskan, diamkan sepatu selama beberapa jam hingga pasta mengeras.

Bersihkan pasta yang mengeras, dan gunakan tisu dapur untuk menghilangkan residunya. Kamu akan melihat sepatu kanvas warna putihmu menjadi jauh lebih putih.

Suede

Bahan suede lebih mudah bernoda. Selain itu, kamu harus lebih berhati-hati saat membersihkan sepatu suede karena materialnya sangat sensitif.

Gunakan tisu dapur kering untuk menghilangkan noda. Jangan digosok agar noda tidak menyebar dan menjadi lebih buruk. Lalu, gunakan kain lembut yang dicelupkan ke cuka putih, dan gosok noda dengan lembut.

Kulit

Untuk sepatu warna putih berbahan kulit, gunakan pasta gigi putih dan sikat untuk menggosok area yang kotor. Pakailah air hangat untuk mempercepat proses pembersihan.

Kamu dapat menambahkan gula ke pasta gigi untuk memudahkanmu membersihkan noda yang berkerak.


Supaya sepatu warna putih tetap terlihat bersih, sebaiknya kamu membersihkannya setiap dua minggu. Namun, ini tergantung dengan seberapa sering kamu memakainya

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/17/131200876/ragam-cara-aman-merawat-dan-mencuci-sepatu-warna-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke