Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanda Kucing Membutuhkan Lebih Banyak Waktu Bermain

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun terkadang terlihat kucing peliharaan tidur atau berbaring lama di dalam ruangan, namun sebenarnya mereka membutuhkan aktivitas lainnya.

Bahkan, kucing yang masih muda sangat membutuhkan bermain untuk memberikan stimulasi yang baik pada kegiatan setiap harinya.

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (7/2/2022) ketika kucing kekurangan waktu bermain, mereka akan melakukan berbagai hal yang akan menarik perhatian Anda, seperti berikut ini. 

1. Mencari perhatian 

Apakah kucing mengeong saat Anda membaca ini? Menggaruk kaki Anda? Menggantungkan dirinya di laptop?

Beberapa kucing yang merasa kurang dalam aktivitas bermain akan menunjukkan dengan beberapa sikapnya. Beberapa kucing akan lebih mencari perhatian pemiliknya agar mereka mendapatkan kebutuhan tersebut. 

Meskipun perilaku "membutuhkan" ini bisa mengganggu, ada alasan mengapa dia begitu gigih, kucing membutuhkan permainan yang menarik, interaktif, dan energik seperti halnya anjing.

Seindah apapun tidur siang di ambang jendela, itu tidak membuat hari yang sangat menarik.

"Kucing dalam ruangan tidak memiliki kehidupan dan hiburan seperti yang dimiliki kucing luar ruangan," kata ahli perilaku kucing dan penulis Carole Wilbourn. 

Jika kucing Anda adalah tipe yang lincah dan aktif, hampir semua mainan bisa dilakukan.


"Anda dapat mengambil dan melempar apa saja untuk kucing yang benar-benar ingin bermain," tutur Wilbourn.

Untuk menciptakan lingkungan yang lebih merangsang, pertimbangkan untuk meletakkan beberapa properti seperti terowongan kucing, pohon kucing, dan tempat bertengger kucing. 

3. Kucing menjauh

"Beberapa kucing akan pergi ke tempat lain dan merajuk atau terlihat sedih," ujar Wilbourn.

Perlakukan dia dengan sesuatu yang istimewa, seperti permainan lempar tangkap dengan mainan tikus yang diisi catnip, untuk membuatnya untuk tetap bersemangat. 

4. Berat badan kucing tidak stabil

Jika kucing Anda mengalami penurunan timbangan, ia mungkin membutuhkan lebih banyak waktu bermain dan lebih sedikit camilan.

Banyak pemilik kucing mengganti makanan untuk bermain, menciptakan kebiasaan yang tidak sehat.

"Jika kucing Anda mengganggu Anda, jauh lebih mudah untuk meletakkan makanan daripada bermain," kata Wilbourn. "Kemudian, ketika kucing menginginkan perhatian, dia mulai pergi ke piring makanan. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah konsultasikan dengan dokter hewan untuk merancang diet yang tepat untuk kucing yang kelebihan berat badan, dan untuk menyingkirkan kondisi medis yang mendasarinya. Kemudian, perkenalkan permainan yang lebih interaktif ke hari kucing Anda. 

5. Kucing menggaruk furnitur 

Kucing yang berenergi akan mencoba melakukan hal yang menyenangkan bagi mereka untuk mengeluarkan seluruh energinya, salah satunya adalah dengan menggaruk furnitur. Mereka bisa menjadi destruktif dan agresif karena mereka memiliki semua energi yang tertahan ini.

Bahkan mainan kucing paling mewah pun jauh lebih murah daripada mengganti furnitur Anda.

Berinvestasilah dalam berbagai mainan tikus berbulu, mainan tongkat, bola roller, dan mainan bertekstur untuk membuat kucing Anda tetap aktif. Selain itu, pastikan untuk menyediakan tiang garukan yang lebih menarik dari sofa Anda.

Tiang yang kokoh dan berkualitas dalam berbagai ukuran harus memenuhi kebutuhan alami kucing Anda untuk mencakar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/07/142200276/5-tanda-kucing-membutuhkan-lebih-banyak-waktu-bermain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke