Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Menanam Stroberi di Dalam Pot? Ikuti 7 Langkah Ini

Buah stroberi mengandung antioksidan, kaya vitamin C, magnesium, dan kalsium. Kandungan-kandungan ini bermanfaat mengobati iritasi kulit, mencegah peradangan, memperlancar pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung. 

Lantaran berbagai manfaat itu, membuat banyak orang memilih menanam stroberi di kebun atau halaman rumah mereka. 

Menanam stroberi terbilang gampang-gampang susah. Namun, menanam stroberi tidak harus ditanam langsung ke tanah. Anda bisa menanam stroberi di dalam pot dan menghasilkan buah. 

Namun, sebelum menanam stroberi, pastikan pot yang digunakan berukuran tepat karena setiap jenis stroberi memiliki kebutuhan ukuran pot yang berbeda.

Untuk meningkatkan peluang mendapatkan hasil panen yang sukses, berikut langkah-langkah menanam stroberi dalam pot dilansir dari The Spruce, Selasa (18/1/2022). 

Transplantasi akan segera terlihat subur dan cantik di dalam pot, tetapi Anda harus menunggu mahkota akar telanjang yang tidak aktif membentuk dan menghasilkan daun.

Tanaman stroberi tidak menyukai kondisi yang ramai. Jadi, sebaiknya menanam hanya tiga tanaman stroberi setiap meter persegi tanah.

Karena akarnya cukup dangkal, ukur luas permukaan pot untuk menentukan luasnya (asalkan wadah tidak meruncing tajam). 

  • Tambahkan tanah

Isi wadah dengan campuran pot yang longgar dan tanah liat yang akan menahan kelembapan, tetapi dengan cepat mengalirkan kelebihan air. Pastikan menggunakan pot yang memiliki  lubang drainase yang cukup pada bagian bawahnya.

Buat gundukan kecil dalam campuran pot dan sebarkan akarnya di atas gundukan itu. Kemudian, tutupi akar hingga mahkota dengan campuran pot serta sirami tanah dengan baik.

Tambahkan lebih banyak campuran pot sesuai dengan kebutuhan setelah tanah mengendap dari penyiraman, tetapi jangan menutupi mahkota dengan tanah. 

  • Letakkan pot stroberi di area yang mendapat banyak sinar matahari 

Letakkan pot tanaman stroberi di lokasi yang menerima setidaknya delapan hingga 12 jam sinar matahari setiap hari untuk memastikan banyak bunga dan buah.

Jika sinar matahari hanya datang dari satu arah, putar pot stroberi setiap tiga hingga empat hari jika memungkinkan agar tanaman tumbuh merata.

Namun, pastikan melindungi tanaman stroberi dari hama. Hanya karena stroberi berada dalam pot, bukan berarti hama tidak dapat menjangkaunya.

Serangga, burung, dan hewan pengerat akan tetap tertarik pada tanaman stroberi, jadi lindungi dengan jaring atau pagar.  

Namu, pastikan tanag tanaman basah atau berair. Jadi, pastikan tanah tetap sedikit lembap—tidak kering atau basah—untuk menyediakan lingkungan terbaik bagi buah stroberi untuk terbentuk.

Secara umum, tanah dalam pot mengering lebih cepat daripada tanah di tanah. Dengan demikian, cuaca panas dan kering yang lama mungkin memerlukan penyiraman dua kali sehari. 

  • Beri tanam stroberi pupuk 

Beri makan tanaman buah stroberi setiap tiga hingga empat minggu dengan pupuk cair seimbang.

Pastikan menerapkan pupuk yang seimbang pada musim gugur karena tanaman akan mulai membentuk tunas perennate di dalam mahkota yang akan menjadi bunga dan buah pada tahun depan.

  • Berikan perlindungan musim dingin

Stroberi menghasilkan buah terbaik jika dibiarkan tidak aktif pada cuaca atau musim dingin. Namun, akarnya mungkin membeku di daerah yang lebih dingin dan beberapa wadah akan retak jika dibiarkan dalam suhu beku.

Anda dapat memindahkan pot ke garasi yang tidak dipanaskan atau di bawah dek untuk melindunginya dari cuaca dingin.

Siram tanaman stroberi hanya jika tanahnya menjadi sangat kering. Anda juga bisa menaburkan mulsa di sekitar pot dan membiarkannya di tempatnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/18/142700376/ingin-menanam-stroberi-di-dalam-pot-ikuti-7-langkah-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke