Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Tips Merawat Tanaman Anggrek agar Dapat Hidup Bertahun-tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggrek adalah salah satu tanaman bunga yang banyak digemari. Ketika memiliki tanaman anggrek, tentu yang dinantikan adalah bunganya yang bermekaran.

Dikutip dari Express UK, Jumat (14/1/2022), bunga anggrek mekar berlangsung dari sekitar enam hingga delapan minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada varietasnya. Umur tanaman anggrek juga bergantung pada varietasnya.

Namun demikian, memastikan tanaman anggrek dirawat dengan baik berarti tanaman akan hidup lebih lama.

Beberapa jenis anggrek dapat hidup selama beberapa dekade. Adapun beberapa jenis tanaman anggrek dalam ruangan dapat bertahan selama 10 hingga 15 tahun.

Seiring waktu, tanaman dan dedaunan akan melemah. Dengan demikian, sangat penting untuk menyiram tanaman dengan benar dan dipotong.

Ahli Bunga M&S Simon Richards berbagi tips bagaimana memastikan anggrek hidup selama bertahun-tahun. Richards mengatakan, memotong batang sangat penting.

"Setelah Anda menikmati semua bunga (anggrek), Anda (perlu) memotong batang," ujar dia.

Richards menuturkan, perhatikan batang tanaman anggrek. Apabila sudah mulai mengeluarkan tunas bunga baru, maka ini adalah hal yang bagus.

Akan tetapi, jika batang tanaman belum bertunas, Anda perlu memotong seluruh batang sampai ke simpul terendah.


Richards mengatakan dia akan memotong batangnya hingga bertemu dua batang, karena batang utama sudah mulai menumbuhkan tunas baru yang berbunga.

Node adalah nodul pertumbuhan segitiga di mana pertumbuhan baru dapat terjadi. Node terlihat sedikit seperti sisik ikan atau potongan kecil di batang.

Richards juga menunjukkan pucuk bunga anggrek berikutnya yang muncul dari bagian bawah tanaman. Pucuk itu berwarna hijau cerah dan runcing.

Dia mengatakan akan memakan waktu satu bulan atau lebih untuk mencapai ketinggian anggrek yang cukup.

“Tetapi kemudian dengan keberuntungan dan perawatan yang baik Anda akan mendapatkan sebaran bunga baru yang fantastis," tutur Richards.

Menurut dia, anggrekadalah tanaman berumur panjang. Jadi, jika Anda berhasil mendapatkan siklus pembungaan dan pemotongan dan pertumbuhan kembali, Anda bisa memiliki tanaman anggrek selama beberapa tahun.

Anggrek juga membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung untuk berkembang. Sinar matahari langsung dapat menyebabkan daun dan bunga anggrek terbakar.

Anggrek juga tidak suka disiram berlebihan karena dapat menyebabkan busuk akar.

Pastikan tanaman disiram sekitar seminggu sekali dengan air hangat. Air dingin dapat mengejutkan tanaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/14/123700576/catat-tips-merawat-tanaman-anggrek-agar-dapat-hidup-bertahun-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke