Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 5 Cara Mudah Memaksimalkan Pencahayaan Alami di Dalam Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan alami di rumah sangat penting. Rumah yang menerima banyak cahaya alami akan menjadi rumah yang nyaman, membuat kita merasa santai dan segar kembali.

Selain itu, jika meningkatkan cahaya alami di sebuah ruangan, Anda akan menemukan bahwa warna terlihat lebih hidup dan dekorasi terlihat lebih cerah dan lebih menarik. Terbukti bahwa rumah yang terang lebih menarik bagi pembeli rumah daripada rumah yang gelap.

Mengapa perlu meningkatkan pencahayaan alami di rumah?

Dilansir dari Homes & Gardens, Sabtu (4/12/2021), selain menimbulkan perasaan yang menyenangkan, cahaya alami telah terbukti secara ilmiah meningkatkan serotonin, hormon yang bertanggung jawab untuk menstabilkan suasana hati dan kesejahteraan. Sebagai hasilnya, membawa ketenangan dan kedamaian.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mempelajari cara meningkatkan cahaya alami sangat penting dalam desain eksterior dan interior rumah.

Selain membawa manfaat bagi kesehatan, ada manfaat praktis dan estetika untuk mengetahui cara meningkatkan cahaya alami di rumah kita.

"Meningkatkan cahaya alami adalah cara yang sangat sederhana untuk mengatur warna di suatu ruang dan mengubah suasana hati tanpa harus menghadapinya," kata Marketa Rypacek, direktur pelaksana di Industville.

Mulai dari memasang lebih banyak jendela hingga dekorasi dengan warna putih atau dekorasi dengan cermin, meningkatkan jumlah cahaya alami dalam ruangan menciptakan suasana yang tidak dapat Anda tiru secara artifisial.

Bagaimana cara membawa pencahayaan alami ke dalam rumah?

Anda dapat membawa cahaya alami ke dalam ruangan internal dengan mendekorasi dalam warna-warna terang dan meningkatkan jumlah permukaan reflektif.


"Kuncinya adalah menggunakan cat high-gloss karena menciptakan permukaan yang lebih reflektif," ujar Stacy Lewis, desainer interior di Eternity Modern.

Gunakan cermin atau benda reflektif lainnya sebagai cara untuk membawa lebih banyak cahaya alami. Membiarkan cahaya alami masuk juga membuat ruangan terlihat lebih besar.

Jika Anda menginginkan jumlah pantulan cahaya yang tak terbatas, Anda dapat menempatkan cermin di kedua sisi ruangan dan menambah kedalaman.

Cara memaksimalkan cahaya alami di rumah

Anda dapat memaksimalkan sinar matahari di rumah Anda dengan meningkatkan jumlah kaca, baik dalam bentuk penambahan lebih banyak jendela, pintu berlapis kaca, atau ekstensi berlapis kaca.

Semakin banyak sinar matahari yang dapat masuk ke dalam rumah, maka akan semakin cerah rumah Anda.

Jika Anda tidak mempertimbangkan renovasi besar-besaran, maka cermin adalah cara yang bagus untuk meningkatkan cahaya alami di rumah. Meskipun merupakan tambahan sederhana, jika diposisikan di seberang jendela, cermin dapat memiliki efek transformatif.

"Cermin gantung di seberang jendela adalah cara yang bagus untuk membanjiri cahaya di ruang kecil dan membuatnya terasa lebih besar, memantulkan alam kembali ke ruangan," ungkap Xander Shreenan, desainer interior di Dowsing & Reynolds.

Berikut beberapa cara meningkatkan pencahayaan alami di rumah.

1. Tambahkan skylight untuk memasukkan lebih banyak sinar matahari ke dapur

Menambahkan skylight memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan jumlah cahaya yang masuk ke rumah, terutama jika Anda tidak memiliki ruang untuk menambahkan lebih banyak jendela.

"Salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah di mana Anda ingin cahaya masuk dan efek apa yang ingin Anda ciptakan. Mulailah dengan melihat ke arah jendela dan matahari,” sebut Scott Leeder, direktur pemasaran di Velux.


"Ingat bahwa meskipun jendela atap membiarkan sinar matahari sepanjang hari, tergantung pada arah rumah dan ruangan Anda menghadap, Anda akan mendapatkan kecerahan yang lebih terkonsentrasi pada waktu yang berbeda dalam sehari," terang Leeder.

Menurut dia, pikirkan tentang di mana dan kapan Anda akan membutuhkan sinar matahari paling banyak di ruangan tertentu.

Skylight dapat dipasang di semua jenis atap mulai dari atap yang benar-benar datar hingga miring, bahkan dengan kemiringan antara 1 dan 20 derajat.

Ruangan yang menghadap ke utara umumnya memiliki cahaya yang lebih dingin dan netral sepanjang hari, jauh dari sinar matahari langsung.

"Ruangan-ruangan ini secara khusus dapat memanfaatkan lampu atap yang memaksimalkan jumlah cahaya matahari yang dapat Anda masuki ke dalam ruangan sepanjang hari," tutur Leeder.

2. Gunakan warna putih di dapur untuk membantu meningkatkan pencahayaan alami

Putih adalah salah satu warna paling populer untuk dapur dan ada banyak ide dapur putih yang tersedia, dari ide dapur putih tradisional hingga di dapur backsplash putih mudah.

Putih adalah warna reflektif, artinya memantulkan cahaya kembali ke dalam ruangan daripada menyerapnya seperti halnya dengan warna yang lebih gelap. Karena itu, dinding, lantai, dan aksesori berwarna putih adalah cara yang bagus untuk meningkatkan cahaya alami.

Meski demikian, Helen Shaw, direktur Benjamin Moore UK percaya bahwa putih adalah warna yang paling disalahpahami.

"Cat putih dapat terasa berbeda tergantung pada jenis dan orientasi cahaya yang mengenainya dan tentu saja tergantung pada apakah telah diwarnai. Sederhana, bersih dan klasik, warna cat putih terbaik berdiri sendiri dengan mudah sebagai elemen desain," sebut Shaw.

Dia menuturkan, warna putih serba guna, tak lekang oleh waktu dan memiliki kekuatan untuk membuat ruangan terasa luas dan segar.

Pastikan untuk menguji beberapa warna putih yang berbeda untuk memutuskan yang terbaik untuk ruangan Anda.

Putuskan apakah Anda menginginkan warna dasar yang hangat, sempurna untuk meningkatkan cahaya alami pada dapur gaya klasik atau sentuhan yang lebih sejuk untuk melengkapi ide dapur modern.

Terlepas dari nada yang Anda pilih, putih adalah pilihan yang sempurna untuk ruangan di mana Anda ingin meningkatkan cahaya alami. Sebab, putih memantulkan cahaya kembali ke dalam ruangan, daripada menyerapnya.

3. Solusi murah untuk meningkatkan pencahayaan alami

Sebelum mempertimbangkan proyek renovasi, tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda dapat meningkatkan tingkat cahaya alami di rumah tanpa renovasi?

Cobalah solusi berbiaya lebih rendah sebelum memulai proyek besar. Mulailah dengan menilai furnitur di ruangan yang dimaksud.

Apakah terlalu besar untuk ruangan, apakah membuat ruangan terasa lebih kecil dan akibatnya lebih gelap? Jika demikian, mungkin ada baiknya memilih opsi yang lebih minimalis yang warnanya lebih terang.

Atur ulang furnitur berwarna terang yang tersisa sehingga miring ke arah jendela, ini akan membantunya memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan.

Menggunakan opsi hemat biaya ini tidak diragukan lagi akan meningkatkan tingkat cahaya alami, tetapi mereka juga akan memberi Anda ruang bernapas saat memutuskan apakah Anda memerlukan solusi yang lebih substansial, dan pilih mana yang merupakan pilihan terbaik untuk rumah.


4. Pilih lantai batu berwarna cerah untuk memantulkan cahaya

Kita semua tahu bahwa warna dinding gelap menyerap cahaya. Akan tetapi, penting untuk tidak lupa bahwa aturan yang sama berlaku untuk lantai.

Meskipun Anda mungkin tidak ingin memilih ubin lantai putih cerah, memilih abu-abu yang lebih terang akan membantu memantulkan cahaya kembali ke ruangan dan meningkatkan cahaya alami di dalam ruangan.

Pilih lantai dengan berbagai kedalaman warna karena ini akan lebih banyak noda dan pewarnaan dan pilih hasil akhir yang dipoles yang akan membantu memantulkan cahaya lebih jauh.

Ada banyak jenis lantai batu ringan untuk dipilih serta ide ubin lantai kamar mandi yang cerah dan ide ubin lantai dapur, yang akan memudahkan untuk memilih bahan dan desain yang tepat untuk ruang Anda.

5. Tambahkan cermin untuk meningkatkan pencahayaan alami

Di dapur, pasang backsplash cermin yang tidak hanya akan menambah sentuhan elegan pada ruangan, tetapi juga akan memantulkan cahaya kembali ke ruangan.

Jika memilih ubin dinding, pilih desain berlapis kaca, dan pasangkan dengan meja kuarsa cerah yang juga memiliki efek serupa.

"Kaca adalah hasil akhir yang sangat baik untuk dapur. Lemari kaca tidak hanya memecah monoton pintu depan yang padat dan berulang, tetapi juga memaksimalkan aliran cahaya ke sudut yang lebih gelap," ucap Tom Howley, direktur desain di Tom Howley.

Finishing kayu yang lebih terang dan warna cat juga bekerja dengan baik untuk memperluas ruang yang dirasakan di dapur Anda. Padukan warna terang dengan countertops berwarna sangat terang, dan dapur Anda akan terlihat luas dan lapang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/04/083400376/simak-5-cara-mudah-memaksimalkan-pencahayaan-alami-di-dalam-ruangan

Terkini Lainnya

6 Bunga yang Cocok Ditanam pada Musim Panas

6 Bunga yang Cocok Ditanam pada Musim Panas

Pets & Garden
Catat, Ini 5 Tips Meningkatkan Keamanan Rumah

Catat, Ini 5 Tips Meningkatkan Keamanan Rumah

Housing
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Mesin Cuci

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Mesin Cuci

Do it your self
Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Kucing Cacingan

Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Kucing Cacingan

Pets & Garden
6 Cara Menghias Rak Buku agar Terlihat Lebih Menarik

6 Cara Menghias Rak Buku agar Terlihat Lebih Menarik

Decor
Cara Membersihkan Noda Air di Permukaan Kayu, Bisa Pakai Mayones

Cara Membersihkan Noda Air di Permukaan Kayu, Bisa Pakai Mayones

Do it your self
Cara Membersihkan Humidifier untuk Mencegah Jamur dan Bakteri

Cara Membersihkan Humidifier untuk Mencegah Jamur dan Bakteri

Do it your self
Cara Memangkas Bunga Mawar dengan Benar

Cara Memangkas Bunga Mawar dengan Benar

Pets & Garden
Cara Memanfaatkan Bunga dari Taman untuk Dekorasi Rumah

Cara Memanfaatkan Bunga dari Taman untuk Dekorasi Rumah

Pets & Garden
Cara Menghilangkan Noda Slime pada Pakaian

Cara Menghilangkan Noda Slime pada Pakaian

Do it your self
5 Cara Menanam Bawang Putih di Pot

5 Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Pets & Garden
8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Pets & Garden
5 Bau yang Menandakan Adanya Tikus di Rumah, Segera Singkirkan

5 Bau yang Menandakan Adanya Tikus di Rumah, Segera Singkirkan

Housing
5 Cara Menyingkirkan Siput dari Kebun

5 Cara Menyingkirkan Siput dari Kebun

Pets & Garden
4 Cara Merawat Pohon Uang agar Tumbuh Subur dan Sehat

4 Cara Merawat Pohon Uang agar Tumbuh Subur dan Sehat

Pets & Garden
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke