Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Hal yang Dapat Membuat Air Minum di Dispenser Berbau Tak Sedap

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan lamanya waktu penggunaan, dispenser yang kamu miliki di rumah bisa mengalami beberapa permasalahan.

Dan salah satu masalah yang mungkin terjadi pada dispenser adalah membuat air minum yang ditampung di dalamnya menjadi berbau tidak sedap, hingga rasanya tidak enak diminum.

Jadi, apabila dispenser yang kamu miliki mengeluarkan air minum yang berbau tidak sedap dan juga tak enak, maka ada beberapa hal yang jadi penyebabnya.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (29/11/2021), pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab yang membuat air minum di dispenser menjadi berbau tak sedap.

1. Sudah banyak endapan di dalam tangki dispenser

Apabila air minum dari dispenser berbau tidak sedap, ini bisa disebabkan oleh tumpukan kerak atau endapan di bagian dalam tangki dispenser yang tidak pernah dibersihkan.

Endapan tersebut pada akhirnya membuat air minum di dalam dispenser menjadi tidak lagi jernih, serta rasa maupun kualitasnya berkurang.

2. Adanya kuman dan bakteri

Air minum di dalam dispenser yang menjadi berbau tidak sedap juga bisa disebabkan oleh kuman dan bakteri.

Sama seperti tumpukan kerak atau endapan, bakteri dan kuman bisa tumbuh dan berkembang apabila dispenser tidak rutin dibersihkan.

3. Filter air dispenser kotor

Selanjutnya, filter air yang kotor pada dispenser juga bisa menyebabkan air minum di dalam dispenser menjadi berbau tak sedap dan terasa tidak enak.

4. Air galon yang bermasalah

Air minum di dalam dispenser yang menjadi berbau tidak sedap dan terasa tidak enak bisa karena kualitas dari air galon itu sendiri.

Namun, hal ini umumnya berlaku pada air galon isi ulang yang bukan dari produsen air minum kemasan.

Meski memiliki harga jual yang jauh lebih murah dibandingkan air galon produsen air minum kemasan, air galon isi ulang kerap memiliki beberapa permasalahan, mulai dari kualitas air hingga kebersihan galon.

Kamu perlu waspada terhadap air galon isi ulang, karena kualitas dan sumber airnya tidak terjamin atau tidak jelas.

Selain itu, air galon isi ulang tidak melewati proses yang sesuai dengan standar yang berlaku.

Dan tingkat kebersihan galon dari air galon isi ulang juga perlu dipertanyakan. Apabila sumber air sudah dipastikan higienitasnya, namun galon air tidak memenuhi persyaratan, maka itu tetap berisiko.

Jadi, apabila kamu mengonsumsi air galon isi ulang, maka jangan kaget apabila air minum di dalam dispenser milikmu menjadi berbau tidak sedap, hingga terasa tidak enak.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/29/201500376/ragam-hal-yang-dapat-membuat-air-minum-di-dispenser-berbau-tak-sedap

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke