Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mudah agar Rumah Selalu Tertata Rapi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat rumah yang tertata rapi dan bertanya-tanya bagaimana itu bisa terjadi? Tidak ada cara mudah atau jalan lintas agar rumah selalu tertata rapi.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (20/11/2021), Anda butuh perencanaan, dedikasi, dan sistem yang tepat. Ada beberapa cara mudah untuk mewujudkan rumah yang selalu tertata rapi.

Pakar penataan rumah profesional Rachel Rosenthal memberikan beberapa tipsnya untuk Anda.

1. Realistis tentang sistem penataan rumah

Kunci untuk rumah yang tertata dengan baik adalah rencana dan dedikasi untuk mematuhinya. Siapa pun dapat merencanakan sistem organisasi yang rumit, tetapi jika itu tidak berhasil untuk Anda dan keluarga, itu tidak ada gunanya.

Menurut Rosenthal, penting untuk bersikap realistis tentang bagaimana Anda dan keluarga menciptakan sistem pengorganisasian berdasarkan cara hidup Anda.

Tentu, sistem lemari yang rumit atau penyimpanan sepatu terdengar bagus secara teori, tetapi jika keluarga benar-benar hanya membutuhkan keranjang di pintu belakang untuk sepatu, lebih baik tetap menggunakan yang sederhana.

2. Merapikan rumah

Sebelum Anda dapat mengatur ruang apa pun, Anda perlu memastikan bahwa Anda hanya memiliki apa yang dibutuhkan.

Rumah yang berantakan hanya akan lebih sulit diatur, jadi fokuslah untuk menyimpan barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan dan sumbangkan apa yang tidak Anda butuhkan.

Dedikasikan satu hari atau mungkin beberapa hari untuk menelusuri laci, lemari, gudang, dan dapur Anda. Fokus hanya pada barang-barang yang telah Anda pakai, gunakan, atau dikonsumsi baru-baru ini.

3. Gunakan sistem kalender untuk merapikan rumah

Salah satu kegagalan terbesar untuk mewujudkan rumah rapi adalah kesibukan kita. Karena padatnya aktivitas, kebanyakan dari kita jarang ingat untuk merapikan lemari atau membersihkan dapur setiap bulan.

Rosenthal menyarankan untuk menjadwalkan hari-hari Anda, bahkan tugas sehari-hari yang biasa-biasa saja.

"Blokir waktu dalam jadwal Anda untuk segala hal mulai dari berolahraga hingga berbelanja bahan makanan hingga mencuci pakaian," kata Rosenthal.

"Cobalah untuk ketat dengan jadwal Anda dan selesaikan tugas ketika Anda mengatakannya untuk menghindari perasaan kewalahan dan frustrasi," imbuhnya.

4. Sediakan wadah khusus untuk menaruh barang

Sementara tujuan akhir Anda harus selalu menjaga segala sesuatunya tetap teratur, ada kalanya Anda perlu menyisihkan sesuatu dan menanganinya nanti.

Pertimbangkan untuk membuat wadah khusus untuk semua barang yang perlu Anda atur tetapi belum punya waktu untuk melakukannya.

eranjang untuk pakaian yang akan disortir atau tempat sampah untuk buku yang perlu ditata ulang dapat membantu Anda menghindari rumah berantakan.

5. Penyimpanan vertikal

Tidak peduli berapa banyak lemari dan wadah yang Anda miliki, rasanya tidak pernah cukup. Jika Anda kekurangan opsi penyimpanan, akan sulit untuk tetap teratur.

Salah satu cara untuk memaksimalkan penyimpanan yang tersedia adalah dengan berpikir secara vertikal. Rosenthal menyarankan untuk berkreasi dengan ruang yang jarang Anda gunakan.

Baik itu di penyimpanan bawah tempat tidur Anda atau di atas lemari, kemungkinan ada beberapa ruang yang kurang dimanfaatkan yang dapat Anda manfaatkan

"Jika Anda memiliki ruang lantai ekstra, pertimbangkan untuk menambahkan sandaran penyimpanan," katanya.

"Rak vertikal atau laci plastik menyimpan apa pun mulai dari pakaian ekstra hingga makanan ringan," ujar Rosenthal.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/20/173200576/5-cara-mudah-agar-rumah-selalu-tertata-rapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke