Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal Dasar Memelihara Tanaman untuk Pemula

JAKARTA, KOMPAS.com—Untuk kamu para pemula, memelihara tanaman bisa jadi hal baru yang asyik untuk dijadikan hobi. Namun, karena ini menyangkut makhluk hidup, kita wajib menjaga dan memelihara mereka sebaik mungkin.

Kehadiran tanaman di rumah juga bisa membuatmu semakin rileks dan menghadirkan udara yang lebih bersih.

Merawat tanaman bisa menjadi tugas yang berat jika kamu tidak tahu apa saja yang harus dilakukan. Untuk memulainya, semua tanaman membutuhkan air dan cahaya untuk tumbuh dan berkembang.

Selain hal-hal mendasar tersebut,berikut adalah daftar lima hal yang perlu kamu perhatikan agar tanaman tumbuh sehat dan juga subur seperti dilansir dari Pinkvilla, Jumat (15/10/2021).

1. Drainase

Sangat penting bagi setiap tanaman yang kamu miliki untuk memiliki drainase yang baik. Drainase yang tepat mengacu pada lubang di bagian bawah pot yang membantu membuang kelebihan air pada tanaman, jika kamu menyiraminya secara berlebihan.

Dengan drainase yang tepat, tanaman tidak akan terlalu lembab yang akan memicu kebusukan akar. Letakkan nampan di bawah penanam untuk melindungi lantai.

2. Tidak menyiram tanaman secara berlebihan

Untuk memberi air pada tanaman, kamu perlu memahami seberapa banyak tanamanmu membutuhkan air.

Cari tahu jenis tanaman dan juga berapa banyak dan seberapa sering kamu menyiraminya. Karena menyiram tanaman secara berlebihan justru akan membuat tanaman mati.

Kesalahan ini sering dilakukan para pemula, untuk itu kamu harus banyak mencari tahu seputar tanaman yang kamu tanam.

3. Pangkas tanaman

Untuk membuat tanaman benar-benar berkembang, terus pangkas dan singkirkan daun cokelat atau gulma apa pun dari tanamanmu. Ini akan membantu tanaman tumbuh lebih baik seperti saat mencabut daun kering dari cabang, sehingga ketika nantinya akan ada tempat


untuk daun baru tumbuh.

Tanaman butuh dipindahkan di pot baru yang lebih besar dengan media tanam yang baru. Namun kamu harus benar-benar berhati-hati saat memindahkannya

Repotting harus segera dilakukan ketika kamu menyirami tanaman dan menemukan air yang mengambang di atasnya dan tak lagi bisa terserap ke dalam dan terbuang sisanya ke drainase.

5. Cahaya yang cukup

Setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda akan sinar matahari. Beberapa tanaman membutuhkan sinar matahari langsung sementara yang lain bahkan dapat tumbuh subur dalam kondisi cahaya redup.


Jadi, cari tahu seberapa banyak tanamanmu membutuhkan cahaya. Lalu beri tempat terbaik di rumah sesuai dengan cahaya yang mereka perlukan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/15/193606176/5-hal-dasar-memelihara-tanaman-untuk-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke