Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Isi Mimpi Kucing, Apakah Sama dengan Manusia?

JAKARTA, KOMPAS.com—Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Disebutkan bahwa, Si Meong bahkan bisa tidur antara 12-15 jam sehari. Hal ini merupakan kebiasaan dari kucing yang lumrah mereka lakukan.

Pertanyaan kemudian muncil, dengan durasi tidur yang demikian panjang, apakah kucing bermimpi? 

“Penelitian telah menunjukkan bahwa semua mamalia bermimpi. Selama tidur, otak mamalia perlu mengatur dan mengatur gambar dari hari itu, ”Dr. Katy Nelson, dokter hewan senior di Chewy, seperti dilansir dari Reader’s Digest, Minggu (26/9/2021).

Para ilmuwan telah menyimpulkan melalui penelitian otak tikus bahwa tingkat aktivitas otak saat melakukan teka-teki atau menavigasi labirin serupa dengan tingkat aktivitas yang diukur selama tidur REM (gerakan mata cepat) yang merupakan tingkat tidur terdalam. Penelitian membuktikan bahwa mereka memang bermimpi.

Nelson menambahkan, memahami alasan tidur pada kucing akan membantu menjelaskan apa yang sebenarnya diimpikan oleh sahabat berbulu milikmu. 

“Memahami proses tidur membantu menjelaskan mimpi. Tidur adalah keadaan kesadaran yang berkurang yang ditandai dengan berkurangnya aktivitas otot sensorik dan sukarela, ”kata Dr. Nelson.

“Tidur membantu pertumbuhan dan perbaikan sistem tubuh. Selama tidur, otak tampaknya juga memproses informasi yang dipelajari sepanjang hari," lanjutnya.

Apakah mimpi kucing mirip dengan manusia?

Selama tidur non-REM, otak mengambil gambar yang terlihat sepanjang hari dan mengaturnya kembali dalam mimpi untuk memproses dan memahami dengan lebih baik apa yang dilihat.
“Skenario serupa adalah bagaimana editor film mengambil klip video yang berbeda dan menyusunnya untuk membuat alur cerita, ”Dr. Nelson menjelaskan.

“Ketika manusia dan hewan peliharaan benar-benar 'menonton' rekaman yang diedit adalah selama tidur REM ketika sistem serotonin tubuh melambat,” imbuhnya.

Tugas utama serotonin adalah mengontrol kelompok otot besar, itulah sebabnya kita 'lemas'


selama tidur, namun REM tetapi masih bisa memiliki kelopak mata yang bergerak, kaki bergerak, wajah berkedut, dll, Karena itu dianggap sebagai gerakan motorik halus.

Orang-orang bermimpi tentang hidup mereka dan kucing tampaknya juga memimpikan hidup mereka.
“Nah, karena kita tidak dapat menanyakan apa yang mereka impikan, kita harus menyimpulkan bahwa, sama seperti kita, mereka memimpikan tentang hari mereka,” kata Dr. Nelson.

Jika mereka pergi keluar dan melihat seekor burung dan teman kucing lainnya, gambar-gambar itu kemungkinan besar sedang bermain dalam pikiran mereka selama tidur.
“Mungkin kucing bahkan memimpikan kamu, makan malam yang lezat, serta pena dan sumpit yang sengaja dijatuhkan dari meja hanya karena kucing suka melihatnya terjatuh,” imbuh Dr Nelson.


Apakah kucing bermimpi saat bergerak atau mengeluarkan suara saat tidur?

“Para ilmuwan percaya bahwa mereka bermimpi selama masa-masa ini,” kata Dr. Nelson. Otot-otot motorik halus ini bereaksi terhadap gambar yang diputar ulang di benak mereka.

Apakah kucing mengalami mimpi buruk?

Pernahkah kamu terbangun dari mimpi buruk yang tampaknya terlalu nyata? Kucing mungkin memiliki pengalaman yang sama. “Sama seperti kita, mimpi hewan mungkin tidak selalu bahagia atau berdasarkan kenyataan,” ujar dr. Nelson.

Mimpi buruk diduga menjadi cara pikiran kita menentukan tindakan terbaik seandainya pengalaman mimpi itu terjadi selama jam bangun, ”kata Dr. Nelson.

“Kucing kita tidak mungkin memimpikan monster atau melewatkan ujian akhir seperti yang kita lakukan, tapi siapa tahu, mungkin kucing memimpikan tikus besar,” imbuhnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/26/233137676/isi-mimpi-kucing-apakah-sama-dengan-manusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke