Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Induk Kucing Mengenali Anak-anaknya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melahirkan, induk kucing akan lebih perhatian kepada anak-anaknya.

Bahkan, untuk keselamatan anaknya, tak jarang induk kucing memindahkan sarangnya ke beberapa tempat untuk memastikan mereka tetap aman.

Melansir dari The Nets, Rabu (22/9/2021), seperti manusia dan makhluk hidup lainnya, induk kucing mengenali anaknya dengan caranya sendiri.

Lantas, bagaimana cara induk kucing mengenali anak-anaknya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dari aroma

Bau sangat berarti bagi kucing. Dia akan menggunakan aroma untuk menandai batas wilayahnya. Anda mungkin memperhatikan dia menggosok hampir semua barang di rumah Anda, termasuk Anda.

Ini karena tindakan menggosok meninggalkan aromanya pada sesuatu. Ini adalah sinyal tidak hanya untuknya, tetapi juga untuk kucing lain yang mungkin memasuki wilayahnya.

Dia juga akan merawat dan menggosok anak kucing yang baru lahir. Dengan cara ini, dia mencampur aromanya untuk mengetahui mereka adalah anak-anaknya.

2. Bersama di sarang

Setidaknya selama 10 hingga 12 minggu pertama, induk kucing dan anak-anaknya akan menghabiskan seluruh waktu mereka bersama. Lingkungan sarang menciptakan aroma yang berbeda untuk induk kucing dan anak kucing.


Ini membuat mereka tahu bahwa ini adalah tempat aman mereka. Selama mereka bersama, mereka mempertahankan aroma dan akan meringkuk bersama dan saling merawat.

Dia juga akan mengenali anak kucingnya dengan tangisannya atau saat mereka mengeong. Setiap anak kucing akan memiliki suara yang berbeda yang dimengerti Ibu.

Ketika dia mendengar panggilan darurat mereka, dia akan datang untuk menyelamatkan.

3. Selalu bersama induknya

Jika dibiarkan, Ibu dan anak kucingnya akan sering menempel satu sama lain. Bahkan hingga dewasa, induk kucing akan membawakan anak-anaknya makanan pilihan dan ikut serta dalam sesi perawatan yang penuh dengkuran.

Untuk kucing liar, anak kucing betina lebih mungkin tinggal bersama induknya daripada jantan. Seekor anak kucing jantan akan pergi untuk membangun wilayahnya sendiri.

Anak kucing betina akan tinggal bersama induknya dan dapat membantunya membesarkan anak kucing di masa depan.

Bahkan di rumah Anda, jika mereka diizinkan untuk tinggal bersama, mereka akan dengan senang hati berpelukan dan meringkuk selama mereka berada di sekitar satu sama lain.

4. Ketika induk kucing berpisah dengan anaknya

Jika anak kucing dipisahkan dari ibunya, tidak akan lama baginya untuk berhenti mengenalinya. Begitu mereka meninggalkan sarang, mereka mencium aroma lingkungan baru mereka.

Jika Ibu melihat anak kucingnya bahkan beberapa minggu setelah berpisah, kemungkinan besar dia akan melihatnya sebagai orang asing. Kucing bergantung pada aroma, bukan penglihatan, untuk mengenali satu sama lain.


Selama beberapa hari setelah anak-anaknya pergi, dia mungkin mencari mereka di sekitar rumah Anda. Setelah beberapa hari, dia akan kembali ke rutinitasnya yang biasa.

Kadang-kadang mereka tidak mau makan selama beberapa hari atau tampak tertekan setelah meninggalkan sarang yang aman.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/22/095000476/apakah-induk-kucing-mengenali-anak-anaknya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke