Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ras Kucing yang Cocok untuk Anak-anak

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun kucing menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur, namun ia dikenal dengan hewan peliharaan yang ceria dan juga suka bermain.

Kucing seringkali menjadi pilihan hewan peliharaan keluarga karena sifatnya yang manja dan sering mencari perhatian ke setiap anggota keluarga.

Jika kamu memiliki anak kecil di rumah, memelihara kucing adalah pilihan yang tepat. Anak akan belajar tanggung jawab dan menumbuhkan kasih sayang yang tulus kepada hewan peliharaan.

Melansir dari Pure Wow, Sabtu (28/8/2021), jenis kucing berikut cocok untuk anak-anak karena sangat suka bermain dan sabar.

1. Abyssinian

Jenis kucing ini memiliki ukuran sedang dengan berat rata-rata 4 sampai 4,5 kilogram. Abyssinian bisa menjadi teman yang baik bagi anak-anak karena kucing ini ceria dan sangat suka bergerak.

Jika kamu memelihara Abyssinian di rumah sebaiknya sediakan tempat untuk memanjat atau cat tree karena kucing ini sangat suka memanjat ke tempat yang tinggi.

2. Bengal

Kucing lainnya yang memiliki banyak energi dan suka bermain adalah kucing Bengal. Kucing Bengal memiliki bentuk tubuh yang mirip kucing kampung, namun corak pada bulunya sangat unik menyerupai macan.

Bengal sangat suka berpetualang dan cerdas, kamu bisa melatih kucing ini berbagai macam trik seperti tidur dan duduk.

3. Himalayan

Kucing Himalayan sama seperti kucing Persia, mereka membutuhkan perawatan yang lebih karena memiliki bulu yang panjang.

Kamu harus rutin menyisir bulunya agar tidak menggumpal dan rontok, selain itu sebaiknya bersihkan area muka dan telinga agar kucing tetap sehat.

Kucing ini cocok untuk anak kecil karena sifatnya yang lembut, tenang dan senang dipeluk.

4. Maine coon

Jika kamu ingin mencari kucing berukuran besar yang ramah pada anak-anak, Maine coon bisa menjadi pilihan.

Kucing ini cukup mandiri, sangat penyayang dan bersahabat. Badan yang besar dengan bulu lebat membuat kucing ini sangat elegan dan cantik.

5. Ragdoll

Ragdoll memiliki kepribadian yang manis dan sabar. Kamu akan sering menemukan ragdoll tidur disampingmu ataupun diatas sofa.

Jenis kucing ini cocok dijadikan peliharaan karena mereka mudah beradaptasi. Meskipun mereka suka bermalas-malasan, mereka tetap suka bermain untuk membakar energi dan lemak pada tubuhnya.

6. Scottish fold

Scottish fold memiliki telinga terlipat yang unik dengan kepribadian yang menyenangkan.


Mereka sangat suka bermain dan sangat interaktif, untuk itu kamu bisa memberi Scottish fold mainan kucing berbentuk bola, laser ataupun pancingan bulu.

Karena lincah, masalah yang sering dialami kucing ini adalah nyeri sendi. Untuk itu perhatikan pergerakan kucing jika kaki atau ekor nya terkilir segera konsultasikan ke dokter hewan.

7. Ragamuffin

Asosiasi pemelihara kucing menyebut ragamuffin sebagai kucing yang sangat manis dengan sifat tenang dan percaya diri.

Ragamuffin adalah hewan peliharaan yang ideal untuk anak-anak yang menderita kecemasan atau anak-anak yang membutuhkan teman yang menghibur. Kucing ini memiliki mata besar dan bulu yang lebat membuatnya terlihat menggemaskan

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/28/211900476/5-ras-kucing-yang-cocok-untuk-anak-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke