Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Bahan di Rumah yang Ampuh Membersihkan Kerak Hitam pada Setrika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerak hitam pada setrika tak hanya mengganggu pemandangan, namun jika dibiarkan juga akan berpengaruh pada kinerja setrika hingga menodai pakaian.

Tapi kini kamu tak perlu kebingungan, karena membersihkan kerak hitam pada setrika bisa dilakukan dengan bahan-bahan rumah tangga hingga dapur.

Melansir dari Real Homes, Jumat (20/8/2021) berikut ini 8 bahan rumah tangga pembersih kerak hitam pada setrika.

1. Pasta gigi

Pertama, pastikan pasta gigi yang digunakan mengandung pemutih. Hindari pasta gigi dengan garis biru atau merah.

Kedua, cukup gosokkan ke lempengan besi setrika menggunakan tangan atau sikat gigi. Setelah selesai, bersihkan pasta gigi dengan kain microfiber yang bersih.

Ulangi prosesnya jika kerak hitam masih menempel kini, kerak setrika dapat dihilangkan dan setrikamu terlihat seperti baru.

2. Cuka

Buat campuran setengah cangkir air dengan setengah cangkir cuka putih. Celupkan kain mikrofiber bersih ke dalam larutan dan gosok ke bagian setrika yang berkerak dan menghitam.

Jika setrikamu adalah jenis setrika uap, akan lebih baik, isi ulang tangki air setrika dan colokkan, setel pengaturan ke uap. Letakkan bagian ujung setrika di atas selembar kain dan biarkan selama lima menit.

Apabila setrika masih menghitam dan noda kerak cukup parah, maka kamu bisa merendamnya dengan cuka putih, masukkan handuk bersih, lalu letakkan setrika di atasnya selama 30 menit.

3. Garam

Kamu juga bisa membersihkan setrika yang berkerak dengan garam. Pertama, siapkan koran atau kantong kertas warna cokelat.

Kemudian, taburi garam di atas permukaannya lalu nyalakan setrika ke setelan paling panas dan gosokan ke permukaan kertas yang sudah dilumuri garam.

Lakukan dengan gerakan memutar hingga kotoran/noda gosong terangkat.

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan merebus ketel lalu campurkan setengah cangkir air panas dengan tiga sampai empat sendok teh garam.

Campurkan dengan setengah cangkir cuka putih, dan saat sudah dingin, celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan lalu gosokkan ke lempengan besi setrika.

Ulangi langkah-langkah di atas, isi ulang, colokkan setrika, setel ke uap dan letakkan kain di bagian ujungnya selama 5 menit.

4. Baking soda

Campurkan dua sendok teh baking soda bikarbonat dengan air dan aduk hingga teksturnya seperti pasta.

Gunakan sikat gigi bekas lalu oleskan ke lempengan besi yang berkerak. Biarkan selama beberapa menit, lalu gosok perlahan.

Fokuskan ke area yang kotor dengan kain microfiber hingga semua kerak terangkat. Gunakan kain microfiber bersih untuk membersihkan sisa pasta dari setrika.

Jika ada noda membandel, campurkan baking soda dengan cuka putih. Lalu ulangi cara yang sama.


5. Lap dapur

Cara ini dilakukan ketika setrika dalam keadaan menyala jadi harus hati-hati dan waspada agar tidak mengenai kulit.

Pertama-tama, setting setrika hingga ke pengaturan tertinggi tanpa uap. Kemudian, cukup setrika di atas gulungan lap dapur sampai semua residu lengket hilang atau terangkat.

Selain menggunakan lap, kamu juga bisa memakai handuk bekas tapi pastikan dalam keadaan bersih, ya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/20/134800276/5-bahan-di-rumah-yang-ampuh-membersihkan-kerak-hitam-pada-setrika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke