Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing Asal Jerman yang Penyayang dan Menyenangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak ras anjing populer di dunia berasal dari sejumlah negara, seperti China, Jepang, Australia, Amerika Serikat, Italia, Jerman, Rusia, dan sebagainya. Beberapa ras anjing asal Jerman pun populer dan banyak ditemukan di Indonesia.

Anjing-anjing ini memiliki beragam bentuk tubuh, mulai dari bertubuh besar hingga kecil yang menggemaskan. Mereka juga memiliki kepribadian yang penyayang dan menyenangkan.

Dikutip dari Reader's Digest, Senin (2/8/2021), berikut beberapa ras anjing asal Jerman yang populer dan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memeliharanya.

1. German Shepherd

Apakah sebagai anjing keluarga, anjing pelacak, atau anjing pelayan untuk tuna netra, German Shepherd atau anjing gembala Jerman tidak dapat disangkal merupakan salah satu ras anjing paling setia.

Anjing ini tenang dan memiliki dedikasi yang tak tertandingi untuk mencintai dan melindungi manusia atau seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak hingga kucing.

Namun, itu tidak berarti mereka selalu dalam mode siaga. German Shepherd suka bermain dan meringkuk dengan pemiliknya juga, meskipun dengan mata yang selalu waspada terhadap lingkungan sekitar.

Anjing ini banyak dibiakkan dan dilatih untuk bekerja sebagai anjing militer, polisi, atau pelacak.

2. Dachshund

Lebih dari 300 tahun yang lalu, Dachshund dibiakkan untuk berburu musang. Mereka menggunakan hidungnya yang sempit dan panjang untuk menyelidiki sarang dan cakar musang yang tajam serta kaki pendeknya yang kuat untuk menggali.

Dachshund adalah anjing yang ulet, pintar, dan tidak pernah menyerah. Mereka akan terus menggonggong sampai berhasil menangkap "mangsa" mereka.

Anjing yang juga dikenal dengan sebutan anjing sosis ini tersedia dalam dua ukuran tubuh, yakni ukuran standar dan mini. Keduanya ukuran ideal jika Anda mencari anjing untuk dipelihara di apartemen atau rumah kecil.

3. Doberman

Anjing ini pertama kali dibiakkan oleh pria Jerman bernama Louis Dobermann pada abad ke-19. Meskipun Doberman dianggap sebagai anjing penjaga, anjing ini sebenarnya penyayang dan manis dengan pemiliknya.

4. Rottweiler

Dengan ukuran yang cukup besar dan tubuh yang kuat, ras anjing penjaga ini hampir tidak terlihat seperti tipe hangat dan berbulu halus yang suka menghabiskan malam yang tenang di rumah dengan meringkuk di sofa. Namun, mereka sangat penyayang dan akrab dengan keluarga pemiliknya.

Orang asing mungkin mendapatkan perspektif yang berbeda dengan gonggongan Rottweiler. Bukan karena mereka anjing jahat, namun mereka berdedikasi dan mengabdi pada keluarga pemiliknya.

Tidak hanya setia, Rottweiler juga merupakan salah satu ras anjing paling pintar.

5. Boxer

Boxer adalah anjing yang cerdas, suka bersenang-senang, dan suka sibuk. Anjing ini juga dikenal sangat menyayangi keluarga pemiliknya. 

Jika ia menghabiskan banyak waktu sendirian, Boxer akan menemukan cara untuk menghibur dirinya sendiri, seperti bermain dengan benda-benda di rumah, bantal sofa, dan lainnya.

6. Weimaraner

Weimaraner dikenal karena keterampilan berburunya yang mirip siluman, dan kecepatannya. Mereka adalah anjing yang sangat aktif dan menjadi teman lari dan hiking yang hebat.


Weimaraner dikenal sebagai sahabat manusia karena senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Beberapa orang terkenal, termasuk Grace Kelly dan Presiden AS Dwight D Eisenhower diketahui memelihara anjing ini.

7. Pomeranian

Pomeranian adalah anjing yang imut, berbulu halus, dan berukuran kecil. Ras anjing ini sangat ceria, ramah, dan penuh rasa ingin tahu.

Keingintahuan juga mendorong keinginan mereka untuk belajar dan melakukan trik, serta membuat mereka waspada.

Pomeranian telah berteman dengan beberapa tokoh terkenal, termasuk Wolfgang Amadeus Mozart, Ratu Victoria, dan Marie Antoinette.

8. Great Dane

Great Dane adalah salah satu jenis anjing tertinggi di dunia. Sementara ras anjing raksasa lainnya mungkin tampak besar dan canggung, gaya berjalan Great Dane yang anggun bak model di catwalk.

Sebagai raksasa yang lembut, hati anjing ras Jerman ini sebesar kakinya yang tinggi. Mereka sabar dan penuh kasih sayang pada pemiliknya dan pendiam dengan orang asing.

9. Schnauzer

Schnauzer hadir dalam tiga ukuran dan mereka semua bersemangat dan hidup dengan semangat untuk petualangan. Semua Schnauzer perlu mengeluarkan energi dan menggunakan kecerdasan mereka untuk bekerja dengan jalan-jalan dan waktu bermain setiap hari.

Meskipun bersemangat dan menyenangkan, mereka juga sedikit mandiri dan mungkin memiliki cara sendiri dalam melakukan sesuatu. Cobalah mainan puzzle anjing agar mereka tetap terlibat secara mental.

Sebagai anjing keluarga, mereka bersikap manis kepada pemilik mereka, sangat akrab dengan anak-anak, dan bergaul dengan anjing lain.


10. German Spitz

German Spitz cepat menangkap perintah dan dapat mempelajari trik baru dengan cepat. Ini benar-benar ras anjing yang menyenangkan, mencintai seluruh keluarga, termasuk anjing keluarga lainnya.

Mereka adalah anjing penjaga kecil yang hebat, tetapi gonggongannya bisa berlebihan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/02/072800676/10-ras-anjing-asal-jerman-yang-penyayang-dan-menyenangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke