Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Jenis Anjing Paling Pintar untuk Jadi Peliharaan

JAKARTA, KOMPAS.com-- Memiliki anjing yang pintar tentu akan memudahkanmu untuk merawatnya. Karena mereka cenderung mudah dilatih dan mudah memahami instruksi.

Anjing ras tertentu menonjol dalam hal kemampuan untuk menguasai dan melaksanakan perintah, rutinitas, dan tugas baru.

Sama seperti manusia, teman anjing kita semuanya berbeda, jadi meskipun beberapa ras memiliki keunggulan dibandingkan ras lain dalam hal kecerdasan, setiap anjing akan berbeda dalam kecerdasannya.

Untuk kamu yang masih mempertimbangkan akan memelihara anjing jenis apa, berikut adalah ras anjing yang tergolong sebagai anjing yang cerdas seperti dilansir dari Pets Radar, Sabtu (31/7/2021).

1. Border Collie

Border collie terkenal sangat cerdas dan sangat terlatih, anjing ini penuh kasih sayang dan energik hampir selalu menjadi yang teratas dalam hal kecerdasan.

Cepat mempelajari isyarat dan dengan mudah dapat memahami rutinitas dan tugas sehari-hari.

Anjing ini bisa menjadi penuntun, lincah, dan patuh, trah ini mampu melakukan apa saja yang mereka pikirkan.

2. German Shepherd

Dikenal karena percaya diri, berani, dan cerdas, German Shepherd adalah anjing paling populer kedua di Amerika Serikat.

Anjing ini setia bahkan bersedia mempertaruhkan nyawa demi orang yang mereka cintai. German Shepherd bisa menjadi anjing keluarga yang lembut dan anjing polisi dan militer yang pekerja keras, anjing ini sangat menyenangkan dan memiliki penciuman yang tajam serta mampu mempelajari perintah dengan cepat.

Di samping Chorkie, Papillon adalah salah satu ras terkecil di dunia. Meski berukuran mungil namun kapasitas mental mereka, dengan Papillion dianggap sebagai salah satu anjing paling pintar.

Anjing jenis ini sangat ramah, selalu waspada namun dengan cepat memahami perintah dan mudah beradaptasi dengan rutinitas baru.

Anjing ini cenderung lincah dan suka melakukan trik untuk unjuk gigi pada pemiliknya.

4. Labrador Retriever

Manis, penyayang, dan hampir selalu bersemangat, Labrador Retriever adalah anjing yang cocok untuk dipelihara keluarga.

Labrador Retriever, cenderung ramah dan mudah bergaul dengan banyak energi. Karena itu, anjing jenis ini unggul dalam olahraga air dan permainan lempar tangkap.


Sifat antusias mereka membuat Labrador Retriever sering digunakan sebagai anjing terapi dan penyelamat air.

Australian Shepherd berorientasi pada pekerjaan dengan kepribadian yang bersemangat dan banyak kecerdasan yang menjadikan mereka anjing penggembala pilihan para koboi.

Baik itu sapi, burung, atau anak kecil, Australian Shepherd mampu menggembalakannya dengan baik. Selain itu, karena energinya tinggi, anjing ini tidak mudah lelah.

Australian Shepherd cenderung cepat dilatih, bisa menjadi mitra kerja atau olahraga yang ideal, dan keinginan kuat mereka untuk bersama orang-orang menjadikan mereka anjing keluarga yang hebat.

6. Pudel


 

Meskipun mereka mungkin tampak bergaya dengan bulu keriting dan kesan elegan yang melekat, poodle adalah anjing yang tergolong cerdas.

Poodle awalnya dibiakkan di Jerman untuk berburu burung dan mengambil air. Ia sangat penuh kasih dan dengan selera humor yang tinggi, Poodle senang menyenangkan pemiliknya dan cepat menguasai pelatihan kelincahan dan kepatuhan.

Mereka memiliki reputasi agresif, tetapi akan menjadi anjing yang baik jika dibesarkan dengan baik dan terlatih.

Rottie mungkin memiliki bagian luar yang tebal dan berotot tetapi di dalam para penjaga dan pelindung ini memiliki hati yang penuh kasih dan suka bermain.

Bersifat tenang dan penyayang, Rotties adalah salah satu ras pertama yang digunakan sebagai anjing pemandu dan tetap sangat terlatih, cerdas, dan bersemangat untuk belajar.


Mereka unggul dalam banyak olahraga, terutama yang memerlukan bekerja dengan pasangan manusia.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/31/195825076/7-jenis-anjing-paling-pintar-untuk-jadi-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke