Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tanaman Bunga Indoor yang Dapat Mencerahkan Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi ruangan dengan beragam tanaman hias daun atau bunga menjadi pilihan yang mudah untuk mengubah suasana ruangan dengan cepat. Beragam bunga yang berwarna warni bahkan bisa menambahkan skema warna di dalam ruangan.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (27/7/2021), menurut ahli hortikultura Joyce Mast, merawat tanaman ini umumnya sama dengan tanaman hias indoor lainnya.

Sebagian besar tanaman berbunga dalam ruangan dapat hidup dalam berbagai situasi pencahayaan di rumah Anda, bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Mast merekomendasikan untuk memelihara tanaman Anda dengan memotong bunga yang sudah mekar atau daun yang menguning untuk memastikan energi diarahkan agar menghasilkan bunga baru, dan menjaga tanah agar tetap lembap.

Jika Anda ingin meletakkan bunga di ruangan, berikut adalah beberapa tanaman berbunga yang dapat Anda tanam dengan mudah di dalam ruangan.

1. Anggrek

Terlepas dari reputasinya yang sulit dirawat, anggrek sebenarnya tidak terlalu sulit untuk tumbuh dengan perawatan yang tepat.

Trik utama merawat bunga yang memiliki ragam warna ini adalah memilih tanah yang tepat dan pastikan untuk menyirami tanaman tepat saat tanahnya mengering.

2. Kalanchoe

Bunga yang berwarna cerah membuat kalanchoe menjadi tanaman indoor yang menonjol.

"Tanaman bunga ini baik di bawah sinar matahari yang cerah, jadi menempatkannya di ambang jendela yang menghadap ke barat daya," kata Mast.

Selain itu, kalanchoe adalah tanaman yang mirip sukulen sehingga tidak membutuhkan banyak air.

"Jika Anda melihat bunga sedikit layu, letakkan pot di wastafel atau ember dengan sekitar dua hingga tiga inci air sehingga tanah dapat menyerap kelembapan melalui lubang drainase selama sekitar 45 menit," kata Mast.

Biarkan air mengalir dan letakkan kembali di atas piring di bawah sinar matahari.

4. Bromeliad

Bromeliad hadir dalam berbagai warna cerah dan mudah dirawat. Mereka tidak membutuhkan banyak air, dan bisa bertahan tanpa air dua minggu atau lebih. Bunga ini dapat mekar selama dua hingga tiga bulan.

5. Krisan

Jika Anda mencari tanaman berbunga dalam ruangan yang mudah, krisan mungkin tepat untuk Anda. "Mereka membutuhkan sedikit perawatan ekstra selain menjaga tanah tetap lembab dan memastikan pot memiliki drainase yang baik," jelas Mast.

6. Cyclamen

Cylamen mekar indah berbentuk hati yang cerah dan kemungkinan akan bertahan sekitar delapan minggu dengan kondisi pertumbuhan yang tepat.

Untuk mendapatkan bunga yang indah, jaga tanah tetap lembap dan pastikan tidak ada genangan air di dalam pot.

7. Amarilis

Amarilis memiliki warna yang beragam mulai dari merah, ungu, putih, merah muda, dan sebagainya, sehingga dapat mencerahkan ruangan. Untuk mendorong amarilis mekar, letakkan di jendela yang cerah dan menghadap ke selatan.

Mereka datang dalam nuansa merah, merah muda, putih dan ungu, dan membutuhkan tempat yang hangat, cerah, dan lembap di rumah Anda.

9. Kaktus zygo

Juga kadang-kadang dikenal sebagai kaktus Natal, tanaman berbunga dalam ruangan ini menampilkan bunga berwarna cerah dan suasana yang segar.

"Zygos adalah kaktus unik yang memiliki tanaman merambat panjang tersegmentasi yang akan cocok diletakkan di pot, menjadikannya pilihan yang bagus untuk ditempatkan di gantungan tanaman atau di rak," jelas Mast.

"Mereka dapat hidup dengan paparan sinar matahari penuh dan tidak membutuhkan banyak air," imbuhnya. 

10. Gloxinia

Tanaman berbunga dalam ruangan yang mudah dirawat ini adalah kerabat dari violet Afrika. Tanaman ini dapat mekar dan bertahan sekitar dua bulan, serta tanaman lebih menyukai sinar matahari yang cerah dan tersaring dan tanah yang cukup lembap.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/27/115700476/10-tanaman-bunga-indoor-yang-dapat-mencerahkan-ruangan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke