Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Kelebihan Deterjen di Mesin Cuci agar Tidak Bau

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Anda selesai mencuci pakaian dengan mesin cuci, coba perhatikan apakah ada sisa gelembung sabun yang tertinggal. Gelembung sabun yang berlebihan pada pakaian dan bagian dalam mesin cuci menunjukkan Anda mungkin terlalu banyak menggunakan deterjen.

Meskipun penting untuk menggunakan deterjen yang cukup untuk membersihkan pakaian, terlalu banyak dapat menyebabkan cucian kaku dan membuat kulit mengalami iritasi.

Sama seperti peralatan elektronik rumah tangga lainnya, mesin cuci Anda perlu dibersihkan, terutama setelah menggunakan terlalu banyak deterjen. Anda dapat membuang terlalu banyak sabun di mesin cuci menggunakan bahan-bahan sederhana yang biasa ditemukan di rumah.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (24/7/2021), berikut cara membersihkan kelebihan deterjen di mesin cuci agar tidak bau dan membuat pakaian keras.

1. Hilangkan sisa sabun

Lap bagian dalam mesin cuci dengan kain kering untuk menghilangkan sebanyak mungkin sisa sabun dan gelembung. Saat sisa sabun sudah hilang, ganti dengan kain bersih.

2. Gunakan cuka

Isi mesin cuci dengan air. Tambahkan dua cangkir cuka suling putih.

3. Jalankan mesin cuci

Jalankan mesin cuci dalam satu siklus penuh. Cuka bertindak sebagai bahan pembilas dan membantu untuk memecah residu sabun yang berlebihan.

4. Bilas bau cuka

Jalankan mesin cuci pada siklus pembilasan kedua untuk membilas bau cuka dan menghilangkan sisa sabun.


5. Ulangi

Ulangi langkah 3 dan 4 sampai sisa sabun benar-benar hilang dari mesin cuci Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/24/093200576/cara-membersihkan-kelebihan-deterjen-di-mesin-cuci-agar-tidak-bau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke