Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mencuci Pakaian agar Tidak Kusut Berlebih

Namun, dalam proses mencuci, hal ini berisiko besar membuat segala bahan pakaian menjadi kusut atau lecek berlebih. 

Untungnya, ada tips untuk menghindari pakaian yang dicuci menjadi tidak kusut berlebihan sehingga nantinya bisa disetrika dengan mudah.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (23/7/2021), berikut ini tips mencuci pakaian dan bahan kain lainnya agar tidak kusut berlebih. 

Jangan penuhi isi mesin cuci

Agar tidak kusut berlebih, hal terpenting yang harus dilakukan adalah memastikan mesin cuci tidak diisi sampai penuh oleh cucian kotor.

Jika terlalu penuh, hal ini dapat membuat proses pencucian dan pembilasan menjadi lebih memberatkan sehingga pakaian dan seprai menjadi lebih kusut. 

Hindari program pencucian quick wash

Jangan memilih program mencuci quick wash atau yang bekerja pada kecepatan terlalu tinggi karena dapat meningkatkan kemungkinan kusut.

Jangan lupakan pelembut

Agar cucian terhindar dari kusut berlebih, jangan lewatkan pelembut kain yang berfungsi melembutkan serat pakaian sehingga mengurangi kusut.

Pastikan menambahkan jumlah pelembut pakaian dengan sesuai seperti yang tertera pada kemasannya. 

Jangan memeras pakaian

Saat hendak mengeringkan pakaian yang selesai dicuci, jangan memeras pakaian untuk menghilangkan kelebihan air. Hal satu ini juga memicu pakaian menjadi kusut atau lecek berlebih.

Berhati-hati saat menggunakan mesin pengering

Sangat penting memilih program pengeringan yang halus pada suhu rendah dan tidak memasukkan cucian terlalu banyak ke mesin pengering.

Suhu tinggi dan terlalu banyak cucian di mesin pengering adalah salah satu penyebab pakaian kusut. 

Perhatikan penjemuran

Jika memilih langsung menjemur cucian hingga kering tanpa dimasukkan ke mesin pengering, pastikan segera menggantungnya setelah selesai mencuci.

Membiarkan cucian mengering di dalam mesin pengering sebenarnya memicu pakaian menjadi kusut. Jika tak ingin hal itu terjadi, sebaiknya melewati penggunaan mesin pengering. 

Sebelum menggantung pakaian di tiang jemuran, pastikan mengibas dan meratakannya sehingga mengering secara merata.

Terakhir, jangan biarkan pakaian dijemur terlalu lama di tiang jemuran karena bisa membuat pakaian sangat kering serta kaku.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/23/135938976/tips-mencuci-pakaian-agar-tidak-kusut-berlebih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke