Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Fungsi Pagar Pembatas untuk Anjing

JAKARTA, KOMPAS.com--Sebagai pemilik, kamu tentu akan melakukan semua yang kamu bisa untuk menjaga hewan peliharaan tetap aman dan sehat.

Salah satu upaya menjaga keamanan anjing adalah dengan menggunakan pagar pembatas untuk anjing.

Terutama jika kamu memiliki anak tangga, pagar ini sangat berguna untuk menjaga agar anjing tak bisa melewati tangga.

Selain itu, pagar anjing juga akan membatasi ruang gerak anjing, sehingga kamu juga akan merasakan manfaatnya. 

Namun, bila kamu masih ragu, berikut adalah enam alasan kenapa kamu memerlukan pagar pembatas untuk anjing, seperti dilansir dari Foter, Minggu (18/7/2021).

1. Menjaga anjing tetap aman

Jika kamu memiliki anjing yang masih kecil, yang sedang dilatih atau anjing yang lebih tua yang membutuhkan bantuan untuk naik dan turun tangga, kamu mungkin memerlukan pagar anjing untuk menjauhkan hewan peliharaan dari tangga.

Beberapa anjing kecil mengalami masalah dengan naik dan turun tangga juga.

Jika kamu mengkhawatirkan keselamatan hewan peliharaan, kamu harus memastikan mereka tidak pernah memiliki kesempatan untuk naik tangga tanpa pengawasan.

Lokasi pagar anjing tergantung pada apakah kamu ingin hewan peliharaan mengakses lantai atas rumah atau tidak.

Jika ruang atas memiliki banyak barang berbahaya bagi anjing, ada baiknya Si Doggy tidak mengakses ruang ini dan menutupnya dengan pagar pembatas.

2. Menanamkan kemandirian

Pagar anjing untuk tangga menawarkan lebih banyak kebebasan pada anjing. Ini akan memberikan anjing kebebasan untuk berkeliaran di salah satu lantai rumah sekaligus mengontrolnya.

Hal ini tentu berbeda dengan mengurung anjing di dalam kandang atua mengikatnya di luar


rumah.

Sifat gerbang anjing yang terbuka memastikan bahwa anjing akan tetap merasa seperti bersama kawanannya dan dapat yakin bahwa hewan peliharaan tidak akan mencoba menaiki tangga dan melukai diri mereka sendiri.

Gerbang anjing bekerja dengan baik untuk melindungi rumah dan hewan peliharaan pada saat yang bersamaan.

Mungkin ada area di rumah yang ingin jauhkan dari teman hewan. Ini mungkin area formal dengan perabotan mahal atau rapuh yang lebih suka untuk tetap bebas dari bulu hewan peliharaan, atau bisa juga area dengan pembersih beracun atau bahan lain yang dapat membahayakan hewan peliharaan.

Apa pun masalahnya, jika kamu memiliki bagian rumah yang tidak ingin buka untuk hewan peliharaan, seperti garasi, ruang bawah tanah, atau teras tertutup dengan banyak tanaman, maka pagar untuk anjing adalah solusi yang tepat.


4. Membuat tamu nyaman

Beberapa orang bisa sja merasa tidak nyaman di sekitar anjing, meskipun anjing milikmu mungkin tidak berbahaya.

Seseorang dengan kebutuhan khusus mungkin merasa tidak nyaman berada di sekitar anjing besar, dan anak-anak yang tidak terbiasa dengan anjing dapat membahayakan hewan peliharaan.

Mungkin anjing memiliki beberapa kebiasaan buruk ketika ada pengunjung datang, seperti melompat atau menggonggong.

Memiliki pagar pembatas anjing dapat membantu mengurangi kecanggungan itu. Kamu dapat menyapa tamu dan menenangkan mereka sebelum memperkenalkan hewan peliharaan ke dalam situasi tersebut.

Memiliki pagar anjing untuk tangga juga memungkinkan kamu mengontrol akses anjing ke parabotan.

Hewan peliharaan adalah tambahan yang bagus untuk keluarga kita, tetapi mereka juga membawa banyak kekacauan. Bulu hewan peliharaan, kotak kotoran, dan kecelakaan sesekali membawa bau khas ke rumah.

Mungkin ada ruangan tertentu di rumah, seperti studio musik atau ruang seni dengan peralatan halus. Seekor hewan besar dan kasar dapat mematahkan atau merusak barang-barang yang mungkin tidak tergantikan atau penting untuk hobi atau pekerjaanmu.

Pagar pembatas anjing dapat mencegah hewan peliharaan merusak barang-barang yang lebih halus yang kamu miliki.

6. Memisahkan hewan peliharaan

Beberapa rumah tangga memiliki hewan peliharaan yang tidak akur. Mungkin kucing tua tidak menyukai anak anjing yang gaduh itu, atau mungkin kamu memiliki dua anjing yang cenderung berperilaku agresif atau destruktif saat mereka bersama?

Dalam kasus ini, gerbang anjing sangat berguna untuk memiliki alat yang memisahkan mereka agar tetap aman satu sama lain.

Gerbang anjing juga merupakan cara yang efektif untuk memisahkan hewan peliharaan dari bayi yang secara tidak sengaja dapat melukai hewan peliharaan Anda saat bermain dan mencegah hewan peliharaan melukai anak-anak karena ukuran atau perilakunya.

Saat bayi Anda tumbuh, gerbang anjing dapat berfungsi ganda sebagai penghalang untuk mencegah balita mengakses potensi bahaya atau menggunakannya untuk menciptakan ruang bermain khusus untuk anak-anak Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/18/225502176/6-fungsi-pagar-pembatas-untuk-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke