Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Pestisida Alami dari Bawang Putih untuk Membasmi Hama

Ternyata, bawang putih juga bisa dijadikan pestisida alami yang praktis, ekonomis, dan ampuh untuk membasmi hama tanaman.

Hal ini karena bawang putih memiliki sifat fungisida alami dan pestisida organik yang efektif mengendalikan dan membasmi hama tanaman berupa kutu daun, semut, rayap, lalat putih, penggerek, ulat bulu, siput, hingga ulat daun.

Selain ampuh membasmi hama tanaman, pestisida dari air bawang putih juga relatif ramah lingkungan, aman, serta tidak menyebabkan tanaman keracunan.

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021), berikut ini cara membuat pestisida alami dari bawang putih untuk tanaman.

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan, kini saatnya membuat pestisida alami dari bawang putih. Berikut cara membuatnya. 

  • Hancurkan bawang putih

Pertama, kupas lima siung bawang putih ukuran sedang, lalu geprek atau hancurkan dengan ulekan hingga halus.

  • Campurkan Air

Setelah dirasa halus, campurkan bawang putih dengan 500 mililiter air dan tuangkan dalam wadah baskom atau mangkuk. Diamkan cairan selama enam jam.

  • Tambahkan sabun cuci piring

Berikutnya, tambahkan sabun cuci piring pada cairan air bawang putih sebagai bahan dasar kalium. Sebab, jika hanya cairan bawang putih saja akan terlalu kuat dan keras sehingga merusak tanaman.

  • Masukkan ke botol kaca

Jika semua bahan telah tercampur merata langkah selanjutnya adalah menyaring cairan tersebut menggunakan kain, lalu memindahkannya ke botol kaca.

Tutup botol kaca dengan rapat dan kini pestisida alami dari air bawang sudah siap digunakan untuk memberantas hama tanaman.

Cara menggunakan

Untuk 500 mililiter pestisida bawang putih, kamu bisa mencampurkannya dengan empat liter air, lalu masukkan ke botol semprot. Selanjutnya, siram tanaman dengan pestisida setiap seminggu dua kali agar tanaman subur.

Pastikan menyemprot pestisida dalam jarak yang agak jauh agar tidak mengganggu buah atau rasa sayuran ketika panen.

Jika ingin menggunakan air rendaman bawang putih untuk membasmi hama tanaman, kamu hanya perlu menyiramkannya ke akar yang nantinya akan diserap tanaman serta mengusir kumbang, ngengat, dan lalat secara otomatis.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/23/204500176/cara-membuat-pestisida-alami-dari-bawang-putih-untuk-membasmi-hama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke