Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Kebiasaan yang Membuat Mesin Cuci Cepat Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang paling vital. Penggunaannya pun setiap hari, mengingat Anda perlu mencuci pakaian setiap hari untuk mencegah penyebaran bakteri dan kuman.

Idealnya, masa pakai mesin cuci dan pengeringnya adalah setidaknya 10 tahun. Akan tetapi, jika Anda melakukan kebiasaan dan pemeliharaan yang salah, mesin cuci akan cepat rusak.

Dilansir dari Reader's Digest Canada, berikut beberapa kebiasaan yang membuat mesin cuci cepat rusak.

1. Menjalankan mesin cuci lebih sering dari seharusnya

“Kehidupan mesin cuci sangat bergantung pada seberapa sering mesin itu dijalankan,” kata pakar di H&R Block.

Cobalah untuk tetap berpegang pada delapan kali pencucian selama seminggu atau kurang. Ini akan menghasilkan rata-rata masa pakai dua digit, terlepas dari jenis mesin cucinya, baik mesin cuci bukaan atas atau mesin cuci bukaan depan.

2. Memasukkan terlalu banyak pakaian

Baik mesin cuci maupun pengering tidak bekerja secara optimal saat terlalu penuh. Lebih buruk lagi, keduanya harus bekerja lebih keras daripada yang seharusnya saat terlalu penuh.

Ini akan meningkatkan keausan pada mekanisme mesin seperti pengaduk pusat mesin cuci. Selain itu, jika Anda memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam mesin cuci, sisa deterjen dapat tertinggal, yang akan menarik lebih banyak kotoran saat Anda mengenakan pakaian tersebut.

3. Menggunakan terlalu banyak deterjen

Menggunakan lebih banyak deterjen daripada yang direkomendasikan tidak baik untuk mesin cuci Anda, menurut Angie's List.

Menggunakan terlalu banyak deterjen akan menghasilkan lebih banyak busa, yang dapat menyebabkan mesin cuci meluap.

Mesin cuci efisiensi tinggi atau high efficiency (HE) membutuhkan lebih sedikit deterjen untuk mencuci pakaian dengan benar.

Dengan demikian, pastikan untuk berhemat pada deterjen dan hanya gunakan deterjen yang ditandai aman untuk mesin cuci HE.

4. Mencuci barang yang seharusnya tidak dicuci di mesin cuci

Mencuci tangan barang-barang tertentu tidak hanya untuk barang tersebut, tetapi juga lebih baik untuk mesin cuci. Pengait dan kawat bra dapat merusak tabung mesin cuci, sementara ritsleting dapat menggores pintu mesin cuci bukaan depan.

5. Tidak membersihkan dispenser deterjen

“Setelah Anda selesai mencuci banyak pakaian, seka deterjen dan dispenser pelembut kain. Jika tidak, penumpukan bisa menyebabkan penyumbatan,” saran Angie's List.

Anda juga harus mencuci mesin cuci setiap bulan jika buku manual mesin cuci Anda merekomendasikannya.

6. Tidak membersihkan serat pada pengering

Anda harus membersihkan serat dari penangkap serat setiap kali Anda menjalankan pengering. Membiarkan serat di filter pengering menurunkan efisiensi mesin dengan memperlambat proses pengeringan.

Hal ini juga dapat menyebabkan pengering menjadi terlalu panas dan kemungkinan terbakar.

7. Tidak merawat ventilasi pengering secara teratur

Mempertahankan ventilasi pengering, yakni tabung yang mengarahkan kelembaban dan serat keluar dari tabung pengering dan keluar, sangat penting untuk menjaga pengering dalam keadaan baik.


Aturan praktis yang baik adalah memeriksa dan membersihkan ventilasi pengering setahun sekali, menurut Ivey Engineering.

8. Meninggalkan benda di saku

Permen karet, tisu, bahkan koin dan uang kertas dapat menyumbat saluran pembuangan mesin cuci.

Pun jika tidak keluar dari saku selama siklus pencucian, Anda mungkin akan mendengar dan/atau melihatnya berputar-putar di sekitar pengering, yang sebenarnya tidak baik untuk kerja bagian dalam pengering.

Jadi, kosongkan saku sebelum menaruh pakaian ke tempat cuci. Tujuannya tentu saja agar mesin cuci bekerja dengan lancar, efisien, dan awet selama bertahun-tahun.

9. Tidak langsung mengeluarkan pakaian dari mesin cuci

Masalah besar dengan mesin cuci adalah jamur. Jamur dapat menyebabkan mesin cuci bau, yang tentunya akan memperpendek umurnya.

Untuk menghindari jamur, segera keluarkan pakaian bersih dari mesin cuci. Lebih bagus jika Anda juga membiarkan pintu mesin cuci terbuka untuk memungkinkan mesin mengering di antara pencucian.

10. Mengeringkan bahan yang tidak boleh dikeringkan

Jika Anda berencana mengeringkan apa pun selain pakaian, seprai, dan handuk, periksa petunjuk produsen untuk mengetahui apakah Anda benar-benar akan merusak pengering jika melakukannya.

Misalnya, beberapa pengering tidak dimaksudkan untuk mengeringkan karet, jadi jika Anda telah mencuci karpet kamar mandi dengan bagian belakang karet, jangan mengeringkannya di pengering kecuali ada petunjuk yang menyatakan boleh.

11. Mengeringkan hal yang salah bersama-sama

Menyortir cucian tidak hanya untuk menjaga pakaian putih Anda tetap putih. Jangan pernah mengeringkan handuk dengan kaus.

Sebab, pengering berfungsi paling baik saat mengeringkan bahanndengan berat yang sama. Mencampur bahan dengan berat yang sangat berbeda dapat merusak keseimbangan mesin.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/02/100600976/11-kebiasaan-yang-membuat-mesin-cuci-cepat-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke