Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Tentang Kebiasaan Tidur pada Kucing

JAKARTA, KOMPAS.com--Sebagai pemilik, kita tentu tahu bagaimana kucing sangat suka tidur. Kucing menghabiskan banyak waktunya untuk tidur.

Waktu yang digunakan kucing untuk tidur rata-rata 12 hingga 15 jam dalam sehari. Ini dilakukan bukan karena kucing sedang malas, namun ini memang salah satu kebiasaannya.

Untuk kamu pemilik kucing, ada baiknya kamu tahu fakta-fakta tentang tidur pada kucing seperti dilansir dari Your Pets, Rabu (19/5/2021).

Kucing bisa tidur sepanjang hari. Namun mereka tertidur hanya untuk beristirahat saja sementara indera dan tubuh kucing tetapi tetap waspada untuk memperhatikan bau atau


suara yang mungkin membahayakan dan dapat melarikan diri dengan segera. 

2. Kucing tidur sekitar 2/3 dari hidupnya

Kucing muda biasanya tidur sekitar 16 jam sehari dan kucing yang lebih tua bisa tidur hingga 20 jam.

Kucing awalnya menggunakan sebagian besar energinya selama pertempuran singkat berburu makanan, jadi mereka perlu tidur untuk menghemat energi dan mengisi ulang.

Kucing mendengkur adalah hal yang nyata. Beberapa ras kucing lebih rentan mendengkur daripada yang lain, seperti Persia dan Himalaya, tetapi kucing mana pun dapat mendengkur jika mereka berbaring dalam posisi di mana jalan napasnya terhalang sebagian oleh kulit di langit-langit lunaknya.


Ini biasanya terjadi ketika kucing sedang rileks, jadi jangan khawatir jika kamu melihat kucing mendengkur saat mereka sedang tidur. 

4. Kucing mengalami tidur REM dan Non-REM

REM adalah singkatan dari Rapid Eye Movement, dan REM dan Non-REM adalah dua bentuk tidur yang juga dialami manusia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli fisiologi Prancis Michael Jouvet, kucing mengalami dua jenis tidur yang sama.

Kamu dapat mengetahui kapan kucing tidur tidak nyenyak karena mata dan telinganya mungkin mulai bergerak-gerak.


Sama seperti manusia, kucing suka tidur siang di hari saat hujan turun atau cuaca sedang mendung.

Baik kamu memelihara kucing di dalam maupun di luar ruangan, jangan kaget jika dia lebih sering menguap dan tidur lebih lama saat ramalan cuaca menyebutkan bahwa hujan akan turun di hari itu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/19/213023176/5-fakta-tentang-kebiasaan-tidur-pada-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke