Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penting untuk Tanaman, Apa Kegunaan Pupuk NPK?

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam perawatan tanaman, pemberian pupuk adalah hal yang sangat penting. Pupuk memberikan tambahan nutrisi bagi tanaman agar dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit.

Ada banyak jenis pupuk tanaman yang beredar di pasaran. Namun, salah satu jenis pupuk yang paling banyak digunakan adalah pupuk NPK, yang merupakan singkatan dari formula pembentuknya, yakni nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

Nah, apa sebenarnya kegunaan pupuk NPK bagi tanaman? Dikutip dari Home Guides SF Gate, Rabu (12/5/2021), berikut penjelasannya.

Penting membaca label pupuk

Label pupuk mencantumkan tiga angka, misalnya 15-30-15 menunjukkan jumlah relatif nitrogen, fosfor dan kalium, atau NPK. Pilih pupuk berdasarkan rasio unsur hara ini satu sama lain.

Sebagai contoh, pupuk 15-30-15 memiliki rasio 1: 2: 1 N-P-K dengan satu bagian nitrogen, dua bagian fosfor, dan satu bagian kalium.

Tanaman berbunga tumbuh subur dengan rasio 15-30-15, sedangkan pupuk rumput biasa dapat menggunakan rasio 10-1-1, tergantung pada pengujian tanah. Pupuk dengan rasio 1-1-1 dianggap serbaguna.

Nitrogen

Nitrogen adalah nutrisi penting untuk berbagai fungsi tanaman dan merupakan salah satu komponen unsur klorofil. Nitrogen memicu pertumbuhan vegetatif, terutama pada daun, batang dan cabang.

Tanaman dapat menghabiskan nitrogen dalam tanah, melepaskan dari tanah lebih cepat daripada elemen lainnya. Jika tanaman memiliki daun yang menguning atau tampak kerdil karena pertumbuhan yang buruk, tanah mungkin kekurangan nitrogen.

Dengan menggunakan alat uji tanah, Anda dapat menentukan elemen mana yang mungkin hilang di tanah Anda. Belilah alat uji di sebagian besar pusat rumah dan taman.

Fosfor

Sebagai stimulan untuk pertumbuhan akar, benih dan pembentukan bunga, fosfor paling banyak tersedia untuk tanaman ketika pH tanah antara 5,5 dan 7. 

Kadar pH tanah mengacu pada tingkat asam atau basa tanah, dan dapat berkisar dari 0 sampai 15 dengan 7 dianggap sebagai netral.

Berbeda dengan nitrogen, fosfor cenderung tetap berada di dalam tanah. Tambahkan hanya untuk pertumbuhan baru.

Sayuran umbi-umbian, seperti wortel, menggunakan fosfor dalam jumlah besar, terutama selama pertumbuhan awal.

Kalium

Kalium meningkatkan pertumbuhan akar dan kuncup serta pematangan buah. Ini meningkatkan ketahanan penyakit serta toleransi terhadap kekeringan, panas dan pembekuan.

Unsur ini penting agar semua tanaman bisa tumbuh subur, terutama dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Kalium juga cenderung tetap berada di dalam tanah, tetapi banyak digunakan untuk menanam sayuran, jadi harus ditambahkan sesuai kebutuhan, berdasarkan uji tanah.

Nutrisi tambahan lainnya

Bersama dengan nitrogen, fosfor dan kalium, pupuk mengandung nutrisi tambahan dalam jumlah yang jauh lebih kecil. Kalsium (Ca) membantu membangun dinding sel tanaman.

Adapun zat besi (Fe) berperan aktif dalam pembentukan klorofil dan fotosintesis. Magnesium (Mg) membantu dalam pembuatan komponen klorofil serta dalam proses pertumbuhan dan perbaikan tanaman.

Sulfur (S) membantu membangun protein penting untuk pertumbuhan tanaman dan pematangan buah dan biji.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/12/135000076/penting-untuk-tanaman-apa-kegunaan-pupuk-npk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke