Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jenis Tanaman Pemakan Serangga, Apa Saja?

KOMPAS.com- Tak hanya hewan yang memiliki golongan karnivora, tumbuhan juga punya jenis tanaman pemakan serangga yang termasuk dalam kategori tanaman karnovora.

Dalam praktiknya, tumbuhan karnivora ini memiliki bentuk daun atau bunga yang sedemikian rupa sebagai jebakan serangga. Di dalam daun atau bunga tersebut terdapat cairan mematikan untuk melumpuhkan mangsanya.

Kamu juga bisa memelihara tanaman pemakan serangga ini lalu meletakkannya di lokasi-lokasi yang rentan dihinggapi serangga seperti dapur atau pekarangan rumah.

Untuk mengenal lebih lanjut soal tumbuhan karnivora, dikutip dari Better Homes & Gardens Australia,  berikut ini lima jenis tanaman pemakan serangga.

1. Kantong semar atau cawan monyet (Nepenthes)

Tanaman kantong semar ini berbentuk seperti cawan atau cangkir dan banyak ditemukan di daerah-daerah tropis seperti Kalimantan, Sumatera, dan Malaysia.

Kantong semar punya nama lain 'cawan monyet'. Dinamai demikian karena monyet terlihat meminum air dari tanaman tersebut saat di hutan hujan.

Tanaman ini memiliki daun menyerupai kantong yang dapat menampung air hingga satu liter. Selain untuk persediaan air, cawan pada tanaman ini juga berfungsi mengumpulkan serangga dan sebagai tempat pencernaan makanan.

2. Embun matahari (Sundew Drosera)

Total, ada sekitar 200 spesies tanaman embun matahari atau sundew di dunia dengan bentuk, ukuran, dan cara tumbuh yang bervariasi. Tanaman ini memiliki tentakel di bagian ujungnya dan terlapisi oleh lem untuk mencengkram serangga.

Tentakel ini dapat bergerak serta membantu serangga mati lemas dengan cepat lalu mencerna serangga yang telah terjebak di dalam tentakelnya.

3. Venus flytrap (Dionaea muscipula)

Venus flytrap adalah salah satu tumbuhan karnivora yang paling terkenal dan kebanyakan memakan serangga serta arakhnida atau serangga kaki delapan.

Tanaman berukuran kecil ini memiliki sekitar empat hingga tujuh daun yang tumbuh dari batang pendek dan sepasang lobus terminal yang berengsel di pelepah sebagai jebakan serangga.

Berbeda dengan tanaman karnivora lainnya, tanaman ini dapat membedakan mana serangga hidup atau mati dan daunnya dapat menutup dalam 0,1 detik setelah dihinggapi serangga.

4. Butterworts (Pinguicula)

Butterworts, atau perangkap kertas lalat, mengandalkan lendir lengket yang ada di permukaan daun untuk menangkap mangsa.

Selain itu, butterworts juga dikenal karena bunganya yang mencolok seperti anggrek dengan warna kuning, merah muda, ungu atau putih.

Tanaman karnivora ini suka memakan agas dan biasanya ditemukan di Amerika Serikat.

Bladderwort adalah sejenis tanaman karnivora yang hidup di perairan terbuka dan menjebak mangsanya di dalam kandung kemih (bladder) lalu mengisapnya.

Saat mangsa hinggap di tanaman ini, maka bagian kandung kemih tanaman akan mengembang, menyedot air, lalu memangsanya.

Itulah lima jenis tanaman pemakan serangga. Apakah kamu tertarik memeliharanya di rumah?

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/12/131044676/5-jenis-tanaman-pemakan-serangga-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke