Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Menjaga Serbet agar Bebas Noda

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena sering digunakan di dapur atau ruang makan, serbet kerap kali kotor terkena noda. Bahkan, meski sudah sering dicuci, tetap saja serbet bisa tampak kotor.

Mengapa demikian? Menurut Gwen Whiting dan Lindsey Boyd, pendiri The Laundress, ini karena biasanya serbet terbuat dari bahan katun atau linen.

"Sifat penyerap kedua kain membuatnya lebih rentan terhadap noda," kata Whiting dan Boyd seperti dikutip dari Martha Stewart, Jumat (16/4/2021).

Akan tetapi, Anda bisa menjaga agar serbet tetap bersih dan bebas noda. Caranya adalah dengan sedikit perawatan ekstra.

Berikut ini beberapa tips menjaga agar serbet dapur Anda bebas noda.

1. Jangan langsung dicuci saat terkena noda

Jika Anda tidak membersihkan serbet sebelum mencucinya, Whiting mengatakan Anda melewatkan langkah penting.

"Untuk bintik-bintik kaya warna seperti noda anggur dan kopi, oleskan larutan penghilang noda ke area yang terkena, lalu taburkan pemutih berbasis oksigen yang aman untuk warna," terangnya.

Kemudian, campurkan keduanya dengan sedikit air panas untuk membuat pasta dengan jari. Anda mungkin melihat noda berubah warna saat mulai terangkat, dan itu normal.

2. Jangan gunakan tisu dapur

Tergoda untuk menggunakan tisu dapur untuk membersihkan noda sebelumnya? Boyd menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali.

"Selalu hindari penggunaan tisu dapur saat menghilangkan noda, karena dapat meninggalkan serat yang akan membuat noda lebih sulit dihilangkan," jelasnya.

3. Cuci bersih

Setelah Anda membersihkan noda pada serbet, Whiting mengatakan inilah saatnya untuk mencuci dengan baik.


"Rendam serbet dalam air panas menggunakan baskom atau wastafel bersih. Tambahkan satu tutup botol pemutih alternatif dan diamkan selama 30 menit," tuturnya.

Setelah setengah jam, Anda dapat mencuci serbet seperti biasa, tetapi merekomendasikan penggunaan deterjen yang diformulasikan khusus untuk katun dan linen.

4. Keringkan dengan hati-hati

Meskipun Anda dapat mengeringkan serbet dalam pengaturan normal atau hanya menggantungnya di tali jemuran, Whiting mengatakan bahwa memasukkan ke dalam pengering sebelum noda benar-benar hilang adalah hal yang sangat dilarang.

"Panas dapat menyebabkan noda pada kain, jadi selalu periksa untuk memastikan noda telah hilang sebelum dimasukkan ke dalam pengering," katanya.

"Jika noda masih terlihat setelah pencucian, ulangi proses pra-pencucian dan pencucian sampai noda terangkat," imbuhnya.

5. Bersihkan noda dengan cepat bila perlu

Ketika Anda dalam keadaan darurat dan tidak punya waktu untuk merawat dan mencuci serbet, Boyd mengatakan Anda selalu dapat melihat noda dengan cepat.

"Segera hilangkan noda dengan penghilang noda. Kemudian gunakan kain pembersih tidak berbulu untuk menyerap kelebihan air dan kelembaban dan berbaring sampai kering," ucapnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/16/202000676/5-tips-menjaga-serbet-agar-bebas-noda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke