Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara untuk Menciptakan Pencahayaan Berkelanjutan di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan di sebuah ruangan adalah salah satu aspek dekorasi yang paling penting pada sebuah rumah.

Ketika bermain dengan cahaya, kamu dapat menciptakan suasana yang hangat dan nyaman, di mana kamu dapat menemukan intensitas yang tepat untuk menyamai warna dalam ruangan.

Namun, kamu harus selalu memastikan bahwa kamu memiliki pencahayaan yang berkelanjutan. Jadi, kamu harus mempertimbangkan konsumsinya.

Saat ini, semakin banyak rumah tangga yang peduli untuk menghemat tagihan listrik di rumahnya dan itu sebenarnya berdampak terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk mencari solusinya.

Tips untuk memiliki rumah yang terlihat seperti tidak ada masalah adalah pencahayaannya. Seharusnya tidak terlalu rendah atau terlalu intens.

Selanjutnya, kamu harus memerhatikan kebutuhan masing-masing ruang. Tidak sama menerangi dapur sebagai kamar tidur.

Namun, kamu harus belajar mengontrol konsumsi listrik untuk mendapatkan pencahayaan berkelanjutan yang berdampak positif bagi planet dan juga keuanganmu.

Dilansir Decor Tips, Senin (12/4/2021) berikut ini beberapa tips yang akan membantumu untuk memiliki cahaya berkelanjutan di rumah.

Cahaya berkelanjutan bertujuan untuk mengurangi konsumsi energi

Saat kamu memikirkan tentang pencahayaan ruangan, mengurangi konsumsi energi harus menjadi tujuanmu.
Tujuannya adalah untuk memiliki lingkungan yang cukup terang tanpa membuang energi.

Lampu LED adalah pilihan terbaik untuk rumah atau kantor mana pun yang bertujuan untuk menjaga planet dan menurunkan biaya.

Jika kamu memperhitungkan bahwa 25 persen energi yang dikonsumsi oleh rumah biasa berasal dari pencahayaan, ada baiknya kamu memerhatikan hal ini bukan?

Kiat untuk pencahayaan berkelanjutan

Alih-alih menghilangkan sumber cahaya, kamu disarankan memilih sistem pencahayaan LED.

Ini akan memungkinkanmu menghemat banyak pada tagihan listrik berikutnya dan memberimu pilihan untuk membuat komposisi pencahayaan yang unik.

Selain lampu LED, ada jenis bola lampu lain yang juga dapat kamu gunakan di berbagai ruangan rumahmu, seperti lampu halogen dan hemat energi.

Yang terakhir memiliki konsumsi 70 persen lebih rendah dibandingkan dengan lampu pijar tradisional.

Meskipun lampu halogen memiliki penghematan yang lebih rendah dibandingkan dengan lampu pijar (sekitar 30 persen lebih atau kurang), cahayanya yang intens membuatnya sempurna untuk area di mana kamu membutuhkan pencahayaan putih yang kuat, seperti kamar mandi atau dapur.

Kelemahan dari lampu LED

Meskipun benar bahwa pencahayaan ini telah menjadi yang paling populer di abad ke-21, namun juga sangat berpolusi.

Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa peningkatan level cahaya menyebabkan polusi cahaya yang signifikan.

Dalam penelitian itu juga diungkapkan bahwa kesehatanmu dapat terpengaruh jika kamu tidak menghargai kontras siang dan malam yang dapat memengaruhi ritme sirkadianmu.

Bagaimanapun, lampu LED adalah yang paling efisien. Selain itu, seperti yang kamu ketahui, mereka menjadi pilihan terbaik berkat performanya.

Meski lebih mahal, lampu LED memiliki umur pemakain sekitar 20 ribu jam, yang membuat biayanya sepadan.

Selain itu, lampu LED tidak pernah menjadi panas, yang membuatnya sangat aman dan pilihan yang bagus untuk semua jenis permukaan, bahkan interior kabinet.


Akhirnya, mereka dapat mencakup spektrum yang luas dalam hal kekuatan dan kedalaman cahaya.

Solusi praktis dengan pencahayaan berkelanjutan

Perhatikan solusi praktis berikut yang dapat membantu menurunkan konsumsi listrikmu:

- Lampu dim: dengan ini, kamu dapat menaikkan atau menurunkan intensitas cahaya di ruangan. Ini bagus, karena kebutuhanmu mungkin berbeda tergantung pada apa yang kamu lakukan.

- Detektor kehadiran: alternatif yang sangat baik untuk area transit seperti koridor, lorong, dan lain-lain. Lampu hanya akan menyala jika mendeteksi ada seseorang di sana.

- Lampu surya: merasakan kegelapan dan saat malam tiba, lampu dinyalakan. Ini membuatnya bagus untuk di luar ruangan.

Memiliki pencahayaan berkelanjutan adalah tujuan mudah yang membantu planet ini dan juga menjaga uang yang kamu miliki.

Kamu hanya perlu memilih bola lampu yang tepat dan memiliki beberapa pedoman untuk memfasilitasi tugas tersebut.

Lambat laun, kamu akan melihat hasilnya dalam tagihan listrik yang tidak membengkan, belum lagi lingkungan akan berterima kasih untuk itu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/12/204300076/cara-untuk-menciptakan-pencahayaan-berkelanjutan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke