Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menemukan Kucing yang Bersembunyi di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kucing peliharaanmu hilang, ada kemungkinan besar mereka bersembunyi. Dalam beberapa kasus, kucing yang hilang ternyata hanya bersembunyi tepat di dalam rumah pemiliknya.

Jika kamu baru saja membawa pulang kucing baru, bersembunyi di dalam rumah akan menjadi salah satu hal yang harus kamu waspadai.

Kucing memiliki bakat tertentu untuk menyelinap ke tempat persembunyian yang paling tidak mungkin, celah dan sudut yang awalnya tidak pernah kamu pikirkan untuk dilihat.

Meskipun pasti ada beberapa hal yang harus kamu lakukan segera setelah kucingmu hilang, pertama-tama lakukan langkah-langkah ini untuk menemukan hewan peliharaanmu yang hilang jika dia bersembunyi.

Mengapa kucing bersembunyi?

Melansir laman Pawmaw, Senin (13/4/2021), bersembunyi sebenarnya adalah perilaku kucing yang umum.

Kucing didorong oleh naluri untuk melindungi diri dari pemangsa potensial dan berada di dalam ruang yang sempit tapi memberi mereka rasa aman.

Terkadang, kucing juga bersembunyi karena mencari kehangatan, sama seperti kucing suka berpelukan di dekatmu sepanjang waktu.

Kamu mungkin juga menyadari bagaimana kucing memiliki indra yang tajam. Mereka dapat dengan mudah kewalahan dengan pemandangan dan suara di sekitarnya, terutama jika ada banyak orang atau hewan peliharaan di dalam rumah.

Bersembunyi di tempat yang aman memungkinkan mereka beristirahat dari terlalu banyak rangsangan.

Ketika kamu tidak dapat menemukan kucingmu di mana pun, itu karena kucing suka bersembunyi di tempat di mana mereka memiliki sudut pandang yang baik untuk mengamati lingkungan sekitar. Bisa dibilang itu bagian dari naluri berburu mereka.

Bagaimana cara menemukan kucing yang bersembunyi di rumah?


 

Jadi, jika kucing atau anak kucing yang kamu pelihara tidak terlihat dan kamu mulai khawatir, kamu dapat mulai menemukannya dengan melakukan pencarian sistematis di rumahmu.

Periksa semua kemungkinan tempat persembunyian secara menyeluruh. Kucing mungkin menemukan kedamaian atau kehangatan di tempat persembunyian yang sebenarnya bisa berbahaya bagi mereka, jadi sebaiknya segera bertindak.

Ikuti langkah-langkah berikut tentang cara menemukan kucing di rumah.

1. Lihat di bawah dan di dalam furnitur

Kucing bisa saja bersembunyi dan terjebak di suatu tempat di dalam rumah, sehingga kamu harus benar-benar menyelamatkannya.

Bagaimana cara menemukan kucing yang hilang di rumahmu? Periksa ruang di bawah tempat tidur, sofa, meja, kursi malas, sofa yang dapat diubah, hingga lemari pakaianmu dan berbagai furnitur lainnya.

Jika kamu mencari anak kucing, jangan berpikir 2 kali untuk memeriksa kotak pegas atau di belakang buku di rak buku. Kucingmu mungkin juga bersembunyi di dalam lemari, laci, atau rak dan terjebak.

2. Cari peralatan dan mesin elektronik

Bagaimana cara menemukan kucing di rumah? Peralatan elektronik menarik bagi kucing yang mencari tempat persembunyian yang hangat.

Jelas, mereka berisiko terluka jika seseorang menyalakan alat saat bersembunyi di dalam atau di sekitarnya. Periksa bagian belakang kulkas dan lihat apakah kucingmu meringkuk di ruang kosong.

Periksa juga bagian belakang mesin cuci dan pengering, serta keranjang cucian. Jangan lupa untuk mencari kucing di belakang TV, dan perangkat elektronik lainnya.

3. Periksa di belakang drywalls dan sistem HVAC

Ya, pasti ada kemungkinan anak kucing yang hilang menemukan jalan di dalam lubang kecil di drywall (plasterboard atau papan gipsum) atau melalui saluran terbuka di sistem HVAC.

Bagaimana cara menemukan kucing yang hilang di rumahmu? Periksa struktur rumah dengan mengetuk dinding dan dengarkan suara mengeong lembut.

Jika kamu mendengar kucingmu dan dia tampak terjebak di dalam dinding, persempit lokasinya dan buat lubang dengan hati-hati di drywall untuk membantunya keluar.

Jika kucingmu tidak muncul, periksa garasi, loteng, ruang bawah tanah, ruang merangkak, dan kasau. Periksa apakah ada pipa terbuka di dapur dan kamar mandi tempat kucingmu mungkin masuk.

4. Pancing kucing dengan makanan

Ini adalah salah satu taktik yang lebih jelas jika kamu ingin tahu cara menemukan kucingmu di dalam rumah. Siapkan makanan kucing yang beraroma tajam atau camilan yang tidak akan bisa ditolak oleh kucing peliharaanmu.

Seringkali, sekaleng tuna atau potongan ayam yang baru dimasak sudah cukup untuk memancing kucing keluar dari persembunyiannya.


Anak kucing tidak akan bisa menolak semangkuk makanan kucing yang dicampur dengan susu formula anak kucing. Panaskan makanan agar baunya menyebar ke setiap sudut rumah dan menarik kucingmu yang lapar keluar.

5. Cari kucingmu dalam gelap

Kucing selalu tidur siang, itulah sebabnya dia tidak mendengarmu saat kamu memanggilnya. Bagaimana cara menemukan kucing yang bersembunyi di rumahmu?

Coba cari kucingmu di malam hari, saat semua lampu mati dan rumahnya lebih sepi. Jangan lupa gunakan senter yang bagus. Ini pasti akan membantumu mencari sudut terjauh dan tergelap di dalam dan sekitar rumah.

Menggunakan senter, periksa kembali semua kemungkinan tempat persembunyian termasuk, ruang merangkak dan kasaumu. Lebih mudah dikenali saat senter memantulkan sepasang mata kucing.

Itu adalah beberapa cara paling efektif tentang cara menemukan kucing yang hilang di rumah. Kamu perlu melakukan pencarian dengan tenang, sabar, dan sistematis.

Jika kamu sudah mencoba semuanya dan tetap tidak menemukan hewan peliharaanmu, duduklah sebentar dan beri kucingmu waktu.

Dia mungkin bersembunyi karena ketakutan dan seluruh keributan yang disebabkan oleh pencarianmu mungkin lebih membuatnya takut.

Setelah satu jam atau lebih, dan dia masih belum muncul, kamu kemudian dapat memutuskan untuk memperluas pencarianmu untuk mencakup lingkungan lain.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/12/131800476/cara-menemukan-kucing-yang-bersembunyi-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke