Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara agar Sinar Matahari Dapat Masuk ke Dalam Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa pendapat jika terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat berbahaya bagi kulit seseorang.

Namun, tahukah Anda, bahwa keseimbangan yang tepat dapat memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan suasana hati?

Dilansir dari Healthline, Senin (5/4/2021), paparan sinar matahari dianggap meningkatkan pelepasan hormon yang disebit serotonin di otak. Serotonin dikaitkan dengan meningkatkan suasana hati dan membantu seseorang merasa tenang dan fokus.

Di malam hari, pencahayaan yang lebih gelap memicu otak untuk membuat hormon lain yang disebut melatonin. Hormon ini bertanggung jawab untuk membantu Anda tidur.

Tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin Anda bisa turun. Kadar serotonin yang rendah dikaitkan dengan risiko depresi besar yang lebih tinggi dengan pola musiman (sebelumnya dikenal sebagai gangguan afektif musiman atau SAD).

Ini adalah bentuk depresi yang dipicu oleh perubahan musim. Untuk itu, diperlukan sinar matahari yang cukup di dalam rumah agar suasana hati lebih baik.

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup di dalam rumah? Berikut beberapa cara yang dilansir dari Livspace, untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup di dalam rumah. 

Jendela Besar

Cara paling jelas untuk mendapatkan sinar matahari adalah dengan memiliki jendela besar. Jendela yang menghadap ke timur atau barat dapat menangkap sinar matahari dengan mudah, membanjiri rumah Anda dengan sinar matahari.

Cermin

Cermin dan permukaan reflektif dapat membuat rumah Anda menjadi hidup dengan memantulkan sinar matahari.

Jika dimiringkan dengan sempurna, cahaya dapat bergerak bahkan ke sudut tergelap. Cermin di dekat jendela dan furnitur dengan kaca atau lapisan mengkilap dapat bekerja secara baik dalam mencerahkan rumah Anda.

Warna Terang

Warna dan cahaya memiliki ikatan korelatif, di mana warna terang memantulkan lebih banyak cahaya sehingga ruangan menjadi cerah dan lapang secara alami. Mereka juga menyerap panas dari sinar matahari menjaga rumah Anda tetap sejuk selama musim panas dan hangat selama musim hujan.

Tirai Tipis

Di mana privasi menjadi masalah, seperti kamar tidur, Anda dapat menggunakan tirai tipis yang memungkinkan cahaya dapat masuk ke dalam kamar tanpa khawatir dengan privasi. Selain itu, tirai tipis ringan dan dapat melembutkan keseluruhan tampilan ruangan Anda.

Plafon Tinggi

Plafond yang lebih tinggi dapat kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan cahaya alami yang berlimpah ke dalam ruangan.

Pilih warna yang lebih terang untuk langit-langit daripada warna dinding. Jika Anda memiliki dinding putih, maka warna putih datar bekerja dengan sempurna dalam memasukkan sinar matahari ke dalam ruangan.

Penempatan Furnitur

Rancang tata letak furnitur Anda sedemikian rupa sehingga tidak menghalangi cahaya. Selalu atur furnitur low profile atau yang lebih rendah di dekat jendela.


Ruangan yang terbuka dan tidak berantakan selalu segar jika dibandingkan dengan ruangan yang banyak aksesori atau berantakan.

Skylight

Selain dapat memberikan cahaya alami masuk ke dalam ruangan, skylight juga memberikan tampilan yang cantik pada ruangan.

Sinar matahari tidak hanya membuat rumah Anda cerah tetapi juga membuatnya tetap segar dan higienis. Buka rumah Anda dengan cahaya alami untuk mendapatkan tampilan yang semarak.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/05/160700276/cara-agar-sinar-matahari-dapat-masuk-ke-dalam-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke