Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Meletakkan Air Purifier agar Bekerja Lebih Maksimal

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa di sadari, udara di sekitar bahkan di dalam rumah, merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan seseorang. Kualitas udara yang dihirup setiap hari akan memberikan efek yang berbeda pada tubuh manusia.

Jika kualitas udaranya buruk, akan memberikan efek yang dapat mengganggu sistem pernapasan, sebaliknya, udara yang bagus tidak akan memberikan efek yang negatif.

Seperti yang dilansir dari Aeris Health, Sabtu (3/4/2021), secara global, kualitas udara yang rendah menyebabkan 4,2 juta kematian per tahun dan berbagai masalah kesehatan. Pun masalah kesehatan tersebut tidak terbatas pada kota-kota yang penuh sesak.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 91 persen orang tinggal di tempat dengan udara di bawah standar.

Membeli pembersih udara atau air purifier berkualitas tinggi dengan kombinasi filter HEPA dan filter karbon aktif adalah langkah pertama dalam menghilangkan polutan berbahaya di rumah.

Namun, untuk memaksimalkan air purifier sepenuhnya, penting untuk menemukan lokasi yang tepat.

Area yang memiliki udara kotor

Untuk benar-benar memanfaatkan air purifier sepenuhnya, yang terbaik adalah menempatkannya tepat di sumber masalahnya. Filter HEPA akan menghilangkan debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan, sedangkan filter karbon aktif akan menghilangkan bau atau gas berbahaya.

Menggunakan air purifier di ruangan dengan udara paling kotor, sedekat mungkin dengan sumber polutan adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan udara dalam ruangan Anda.

Luas ruangan

Jika air purifier hanya dapat memurnikan 30 meter persegi, maka itu tidak akan banyak berguna di ruang makan Anda yang berukuran 90 meter persegi.

Atau, akan membuang-buang energi jika menggunakan air purifier yang dirancang untuk ruang besar di dapur mungil Anda.

Dalam hal pembersih, ukuran ruangan penting dan cara terbaik untuk mengetahui pembersih apa yang paling cocok untuk ruangan Anda adalah dengan menentukan CADR.


CADR menunjukkan berapa banyak udara yang disaring dalam satu jam untuk tiga polutan tertentu (asap, serbuk sari, dan debu) dalam Cubic Feet Per Minute (CFM) atau kaki kubik per menit. 

Pada dasarnya, semakin tinggi angka CADR, semakin cepat pembersih udara menyaring udara. Secara umum, CADR pembersih udara Anda harus sama dengan setidaknya dua pertiga dari luas ruangan.

Aliran udara

Air purifier sangat bagus dalam menarik udara. Namun, semakin banyak udara yang tersedia bagi mereka, semakin cepat mereka dapat membersihkannya.

Itulah mengapa pembersih udara ini bekerja paling baik saat ditempatkan di area terbuka. Menempatkan air purifier di dekat jendela atau dekat pintu biasanya merupakan pilihan terbaik.

Alasan lain untuk menempatkannya di dekat area dengan banyak aliran udara adalah karena udara yang bergerak memiliki energi yang cukup untuk mengangkat debu, jamur, dan banyak partikel lainnya, yang kemudian dapat didistribusikan ke sekitar rumah Anda.

Menempatkan pembersih udara di dekat titik masuk ini dapat menghilangkan polutan sebelum menurunkan kualitas udara seluruh rumah Anda. Ini bisa sangat berguna jika Anda memiliki hewan peliharaan di ruangan tertentu di rumah.

Menjaga pembersih di antara ruangan akan mencegah bulu dan alergen tersebar ke seluruh rumah. Yang harus diperhatikan adalah meletakkan air purifier di sudut adalah hal yang salah.

Sebagian besarair purifier  mengambil udara melalui ventilasi yang menghadap ke depan pada unit. Menghalangi ventilasi tersebut akan sangat mengurangi kinerja air purifier.

Penempatan

Udara dalam ruangan tidak hanya bergerak secara horizontal, tetapi juga bergerak secara vertikal, seperti pada lantai ke langit-langit.

Gerakan vertikal terutama ditentukan oleh perubahan suhu.  Dengan menempatkan air purifier 90 cm hingga 1 meter dari permukaan tanah, Anda dapat menangkap pergerakan udara horizontal dan vertikal.

Untuk memanfaatkan aliran udara vertikal, unit yang lebih kecil dapat ditempatkan di atas meja atau meja sementara unit yang lebih besar terkadang dapat dipasang di dinding.

Pintu dan jendela terbuka

Meskipun aliran udara yang baik itu penting, Anda tidak ingin membuat pembersih Anda kewalahan. Menempatkannya di dekat jendela atau pintu yang terbuka memungkinkan aliran udara luar ruangan dan polutan secara konstan yang akan dibersihkan oleh air purifier, menggunakan energi yang dapat diarahkan ke udara dalam ruangan.


Meskipun demikian, air purifier berkualitas tinggi tetap akan membuat perbedaan yang signifikan pada kualitas udara dalam ruangan Anda, bahkan dengan jendela terbuka.

Perangkat elektronik sekitar

Air purifier, seperti elektronik kecil lainnya, bekerja pada panjang gelombang. Jika Anda menempatkannya terlalu dekat dengan elektronik lainnya, mereka dapat saling mengganggu.

Air purifier yang mengandalkan komponen teknologi tinggi sangat rentan terhadap gangguan. Yang terbaik adalah memberi jarak sekitar 1 meter antara air purifier dan perangkat elektronik lainnya.

Satu air purifier

Faktanya, jika tidak memiliki pembersih di setiap ruangan, memindahkan pembersih secara teratur mungkin merupakan cara paling efektif untuk menjaga semua area udara dalam ruangan Anda tetap bersih.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/03/163500276/trik-meletakkan-air-purifier-agar-bekerja-lebih-maksimal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke