Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Dekorasi Ruang Tamu dengan Biaya Minim

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mempercantik ruangan di dalam rumah seperti ruang tamu, sebenarnya tidak memerlukan biaya yang tinggi.

Dengan memilih warna cat dan penempatan furnitur yang sesuai akan membuat ruang tamu memiliki nuansa yang berbeda daripada sebelumnya.

Dilansir dari Local Talknews, Kamis (1/4/2021), untuk mendekorasi ruang tamu dengan biaya rendah, estetika sangat dibutuhkan, dan berikut beberapa cara untuk memberikan kesan baru pada ruang tamu tanpa banyak menghabiskan biaya.

Cat Dinding

Untuk memberikan nuansa yang berbeda daripada sebelumnya, Anda hanya perlu mengecat dinding untuk satu permukaan dinding saja, tanpa menyeluruh. Hal ini akan menjadikan sebuah focal point di dalam ruang tamu Anda.

Jika Anda ingin membuat titik fokus yang lebih besar, cat langit-langit agar sesuai dengan dinding.

Tempatkan furnitur yang mencolok di dekat dinding yang dicat tersebut atau tempatkan berbagai karya seni di dinding tersebut sebagai elemen dekorasi.

Linen

Jika Anda menyukai estetika yang nyaman, maka Anda perlu melapisi sesuatu. Letakkan selimut di atas sofa Anda.

Kemudian letakkan tiga bantal di atasnya. Meja di samping sofa harus memiliki lampu, tatakan gelas, dan sekotak tisu atau wadah makanan ringan yang unik. Selain itu, karpet juga dibutuhkan sebagai area bersantai.

Gunakan Ruang Kosong

Gunakan ruang kosong yang ada di ruang tamu agar lebih hidup, misalnya di bawah tangga bisa digunakan sebagai penyimpanan agar ruang tamu selalu terlihat rapi.

Sudut kecil di belakang kursi berlengan bisa digunakan untuk lampu tinggi atau tanaman cantik, dan tepian jendela bisa diubah menjadi sudut baca yang indah.

Cobalah mundur dan lihat ruang Anda secara objektif. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi ruang kosong yang mungkin membutuhkan dekorasi.


Hobi Sebagai Dekorasi

Cara terbaik untuk membuat rumah Anda sesuai dengan estetika adalah mengisinya dengan hal-hal yang Anda sukai.

Lakukan semua dan gunakan peralatan dan hasil dari hobi Anda untuk mengisi ruang Anda. Gantung macrame, buat klip dinding fotografi Anda, atau letakkan berbagai tanaman yang disukai.

Perpaduan Warna

Tata ulang furnitur agar setiap ruangan berisi barang-barang yang serasi mungkin. Jika ide untuk mencocokkan semuanya terasa terlalu seragam, ubahlah di seluruh palet warna. Pilih corak warna favorit Anda, agar setiap ruangan memiliki nuansa yang sedikit berbeda.

Palet warna juga memudahkan pemilihan item dekorasi lain seperti bingkai foto dan karpet. Anda dapat memilih warna yang cocok dengan warna hijau untuk menciptakan nuansa menenangkan di kamar atau menggunakan warna kontras untuk membangkitkan suasana dinamis dan aktif.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/01/081500076/trik-dekorasi-ruang-tamu-dengan-biaya-minim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke