Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daun Anggrek Berbintik Hitam? Ini Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Phalaenopsis atau anggrek bulan dan jenis anggrek lainnya merespons dengan cepat jika ada yang tidak beres di lingkungan mereka. Bintik hitam adalah salah satu tanda masalah.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (31/3/2021), langkah pertama dalam menangani bintik hitam pada daun anggrek adalah mendiagnosis masalahnya. Beberapa anggrek memiliki daun berbintik-bintik alami, jadi warnanya mungkin alami.

Namun, bercak daun juga bisa menandakan penyakit bakteri atau jamur. Gangguan jamur dan menyebabkan bercak daun, terutama jika tanaman dibiarkan terkena kelembaban pada malam yang dingin akan menjadi sebuah masalah yang serius jika dibiarkan.

Bahkan, penyakit ini mudah menular dan akan menyebar dari satu tanaman ke tanaman lainnya melalui percikan air.

1. Busuk hitam

Bahaya bagi anggrek setiap kali cuaca hujan atau lembab untuk waktu yang lama, busuk hitam dapat dengan cepat menghancurkan seluruh tanaman jika dibiarkan.

Disebabkan oleh salah satu atau kedua jamur Pythium ultimum dan Phytophthora cactorum, busuk hitam mempengaruhi berbagai jenis anggrek.

2. Infeksi jamur

Jamur penyebab busuk hitam pada anggrek terdiri dari spora yang mampu bergerak sendiri-sendiri, disebut zoospora, yang berenang melalui air.

Jika air itu kebetulan berada di atas daun anggrek, zoospora dapat menembus jaringan tanaman dan memulai tahap berikutnya dalam siklus hidupnya.

Setelah ini terjadi, tanda-tanda infeksi yang terlihat, seperti bintik kecil, berair, dan tembus cahaya, serta dapat mengembang dengan cepat dan berubah menjadi coklat lalu hitam. Jika tidak dirawat, tanaman atau tanaman yang terkena dapat menginfeksi orang lain dan mungkin akan mati.

Gejala

Sesuai dengan namanya, busuk hitam muncul sebagai bintik hitam kehitaman atau lesi pada bagian tanaman yang terserang. Bintik hitam tersebut membesar dengan cepat dan dapat menyebar ke seluruh tanaman.

Jika dibiarkan mencapai mahkota anggrek monopodial (bertangkai tunggal), busuk akan mematikan tanaman. Daun anggrek yang terkena dapat menguning di sekitar area yang terinfeksi, dan lesi itu sendiri akan lunak dan mengeluarkan air saat ditekan.

Pencegahan

Pot, media, atau sumber air yang tidak steril, serta air yang disiram dari tanaman di dekatnya, semuanya merupakan cara yang sangat baik untuk menyebarkan jamur.

Jika anggrek Anda berada di luar, pertahankan 90 cm hingga 120 cm di atas tanah untuk menghindari kontaminasi percikan.

Baik di luar maupun di dalam, jangan biarkan daun anggrek Anda tetap basah untuk waktu yang lama. Sirkulasi udara yang baik di area tumbuh adalah kuncinya.

Pada tanda-tanda pertama infeksi, pisahkan semua tanaman yang terkena untuk menghindari kontaminasi tanaman yang sehat.

Potong akar

Untuk menghentikan penyebaran busuk hitam pada anggrek Anda, mulailah potong bagian tanaman yang sakit.

Buang bagian daun yang terinfeksi, atau seluruh daun jika perlu, untuk menghentikan penyebaran jamur.

Tempatkan tanaman di area yang mendapat sirkulasi udara yang baik agar potongan mengering.

Gunakan fungisida

Setelah bagian tanaman yang terinfeksi dihilangkan, fungisida harus diterapkan untuk melindungi jaringan sehat yang tersisa.


Kayu manis adalah fungisida yang sangat baik, dan kayu manis giling dapat diaplikasikan langsung dari stoples rempah-rempah langsung ke area terbuka di bagian tanaman yang terinfeksi telah dipotong.

Membasahi tanaman yang terkena dengan fungisida juga merupakan pilihan lainnya untuk mengatasi penyakit ini.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/31/092300676/daun-anggrek-berbintik-hitam-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke