Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tempat untuk Meletakkan Tanaman Pembersih Udara di Dalam Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman di dalam rumah, tak hanya menjadikannya sebagai elemen dekorasi di dalam ruangan, namun tanaman ini memiliki beragam manfaat lainnya, mulai dari memberikan nuansa sejuk hingga dapat membersihkan udara di dalam ruangan.

Dilansir dari Livspace, Sabtu (13/3/2021), meletakkan tanaman di dalam ruangan merupakan cara yang lebih murah untuk menjaga udara di dalam rumah tetap segar. Namun, tak seperti alat pemurni udara sesungguhnya, tanaman ini dapat layu dan mati jika tidak dirawat dengan benar.

Perawatannya juga termasuk dalam penempatannya.

Lantas, dimana lokasi yang paling baik agar tanaman dapat memurnikan udara secara maksimal? Simak ulasannya di sini.

Lily di Ruang Tamu

Lily termasuk tanaman yang dapat memurnikan udara di dalam rumah. Hal ini diakui oleh NASA bahwa lily dapat menghilangkan formaldehida, benzena, dan trikloroetilen dari atmosfer.

Tanaman ini tidak boleh terlalu basah atau terlalu kering. Yang terpenting, Anda perlu menjaga agar tanah disiram secara merata.

Simpan di ruang tamu dengan pengawasan ketat. Namun, berhati-hatilah bagi hewan, bunga lili dianggap beracun bagi kucing dan anjing.

Spider Plant di Dapur

Tanaman ini adalah salah satu tanaman dalam ruangan pemurni udara yang paling cocok untuk dapur. Ia menyukai kelembapan dan membutuhkan banyak air. Jadi disarankan untuk menyimpannya di dekat wastafel dapur.

English Ivy untuk Taman Vertikal

Secara teknis, English Ivy adalah tumbuhan liar dan tumbuh dengan kecepatan tinggi. Karena dedaunan dan kualitasnya yang menjalar, tanaman ini ideal untuk taman vertikal.

Taman vertikal dapat ditempatkan di mana saja, pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari tidak langsung dan tanahnya lembab. Menyemprotkan air adalah cara terbaik untuk menjaga tanaman ini tetap terhidrasi.

Chinese Evergreen di Kamar Tidur

Chinese Evergreen adalah salah satu tanaman pemurni udara terbaik yang sangat populer di kalangan pemilik rumah dan memiliki warna yang beragam. Tempatkan di pot cantik dan simpan di kamar tidur Anda.

Ini adalah salah satu tanaman dalam ruangan pemurni udara yang dapat bertahan dalam kondisi cahaya redup tetapi merawatnya dari sinar matahari tidak langsung dengan sesekali membuka tirai.

Tanaman ini menyukai kelembapan, jadi Anda membuat rutinitas penyiraman setiap hari untuk mereka.


 

Bambu Mini di Ruang Makan

Tidak hanya merupakan tanaman dalam ruangan yang memurnikan udara, bambu juga merupakan tanaman yang dianggap dapat membawa keberuntungan.

Selain itu bentuk bundlingnya terlihat agak eksotis sehingga menjadikannya sebagai centerpiece meja makan Anda. Jika Anda memelihara tanaman bambu dalam pot di dalam tanah, pertahankan agar disiram dengan baik.

Pakis di Kamar Mandi

Pakis adalah tanaman lembab, dan karena itu, kamar mandi adalah tempat yang ideal untuk mereka. Mereka dapat bertahan hidup dalam kondisi cahaya redup dan menyukai kelembapan.

Sirami mereka seperti biasa saat Anda mandi. Dan tanaman indoor pemurni udara ini akan membuat kamar mandi Anda berbau seperti pegunungan.

Lidah Mertua di Balkon

Snake plant atau lidah mertua memiliki daunnya yang tajam dan bersudut. Ia juga menyukai sinar matahari, meski tidak terik. Tanaman ini membenci tanah yang lembab, membuat akarnya membusuk dengan sangat cepat.

Jadi sirami hanya jika permukaannya sudah kering. Tempat yang ideal untuk menanam lidah mertua adalah di sudut balkon Anda yang teduh.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/13/184100876/7-tempat-untuk-meletakkan-tanaman-pembersih-udara-di-dalam-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke