Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Kuping, Cotton Bud Juga Bisa untuk Membersihkan 8 Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Cotton bud alias korek kuping, merupakan benda yang seringkali digunakan oleh orang-orang untuk membersihkan bagian lubang telinga yang dirasa kotor.

Selain membersihkan telinga, cutton bud juga kerap digunakan dalam hal lainnya seperti tata rias atau pemakaian kosmetik, maupun pertolongan pertama pada luka.

Tapi, ada manfaat lebih dari cotton bud yang bisa kamu gunakan sebagai alat untuk membersihkan sesuatu yang sulit dijangkau.

Dilansir beberapa sumber, Rabu (3/3/2021), berikut ini ada beberapa hal yang sulit dijangkau yang bisa kamu bersihkan menggunakan cotton bud.

1. Keyboard komputer

Debu mudah menumpuk di antara tombol-tombol keyboard komputer. Debu ini biasanya tidak dapat dibersihkan dengan kemoceng atau bahkan disedot dengan penyedot debu.

Tapi, dengan menggunakan cotton bud, sela-sela keyboard yang sulit dibersihkan jadi terasa untuk dibersihkan.

2. Sudut meja

Terkadang, saat mejamu dilapisi dengan kaca, itu bisa membuat debu menumpuk di antara lapisan meja dan kaca.

Kamu bisa membersihkan saluran debu yang sempit ini dengan cotton bud. Kamu juga bisa mencelupkan cutton bud ke dalam air sabun lalu membersihkan noda kotoran yang membandel.

3. Remote

Seperti halnya keyboard, segala macam remote juga memiliki tombol. Kamu dapat membersihkan sela-sela di antara tombol pada remote dengan mudah menggunakan cutton bud.

Bahkan, kamu bisa mencelupkan cutton bud ke dalam cuka agar pembersihannya lebih baik.

4. Lubang jendela geser

Kebanyakan rumah modern memiliki jendela geser. Debu di celah lubang jendela geser sulit hilang, bahkan setelah kamu menyekanya dengan kain.


Kotoran dan debu yang menumpuk pada akhirnya membuat jendela sulit digeser. Namun, bentuk dan keringkasan cutton bud membuatnya sempurna untuk membersihkan bagian lubang di jendela geser.

5. Ukiran pada kayu

Beberapa ukiran kayu yang rumit tidak dapat dibersihkan secara efektif hanya dengan kain. Tapi, cutton bud bisa diandalkan untuk hal ini.

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan cutton bud untuk mengaplikasikan pernis kayu pada ukiran tersebut.

6. Pojokan sofa

Jika kamu memiliki sofa kulit, kamu mungkin telah memerhatikan bahwa kotoran menumpuk di sudut-sudut sofa. Dan cutton bud juga sangat berguna untuk membersihkan sudut-sudut yang ada pada sofa.

7. Membersihkan serat pengering rambut

Penumpukan serat pada pengering rambut dapat menyebabkan potensi bahaya kebakaran. Bantu menjaga kebersihannya dengan mengusap ventilasi udara di bagian belakang pengering rambutmu dengan cutton bud basah.

8. Membersihkan interior mobil

Cutton bud yang basah dapat membantu mengeluarkan debu dan kotoran dari area interior mobil yang sulit dijangkau, termasuk gagang pintu, lubang jendela, ventilasi, dan persneling.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/03/192600976/tak-hanya-kuping-cotton-bud-juga-bisa-untuk-membersihkan-8-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke