Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal 10 Bunga Cantik dan Maknanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama berabad-abad, bunga memiliki makna simbolis bagi budaya di seluruh dunia. Adapun ilmu yang mempelajari makna bunga diisebut floriografi.

Dalam ilmu tersebut, setiap bunga dan bahkan warna diberi emosi atau karakteristik yang berbeda. Tidak hanya itu, ada kode-kode tertentu yang mencirikan makna bunga.

Nah, apa saja jenis bunga yang cantik dan memiliki makna yang mendalam? Dilansir Veranda, berikut penjelasannya.

1. Dahlia

Asli Meksiko tengah, dahlia memperoleh popularitas karena keragaman warna, bentuk, dan ukurannya. Soal makna, dahlia berarti milikmu selamanya dan menunjukkan simbol komitmen dan ikatan abadi.

2. Hydrangea

Hydrangea adalah bunga dengan bentuk seperti pom-pom yang mekar mencolok dalam warna beragam, mulai dari putih dan biru hingga ungu dan merah muda, menandakan kesombongan.

3. Peony

Peony yang selalu populer adalah pertanda musim semi yang menggembirakan.

Sementara legenda kuno menetapkan bunga itu arti malu, interpretasi lain termasuk romansa, cinta romantis, dan keindahan dalam segala bentuk.

4. Camelia

Bunga ini banyak disukai karena kelopaknya yang berbentuk indah dan dedaunan yang hijau. Varietas merah menunjukkan "saya jatuh bangun untuk Anda," sedangkan putih menunjukkan kecantikan tanpa cela.

5. Carnation atau anyelir

Hadiah apa yang lebih baik untuk diberikan pada diri Anda sendiri daripada rangkaian bunga bakung musim semi yang kuat?

Bunga ini dinamai berdasarkan dewa Yunani Narcissus dan dengan tepat melambangkan cinta diri.

6. Tulip

Dianggap sebagai pernyataan cinta, bunga tulip, yang dihargai karena warnanya yang jenuh dan pola beraneka ragam, memiliki masa lalu bertingkat yang melintasi dunia dari asalnya di Asia Tengah hingga Persia abad ke-15 hingga ke Belanda, yang sedang mengalami masa kejayaannya kala itu.

7. Pansy

Masyarakat era Victoria menggunakan bunga pansy yang menawan sebagai sarana untuk pacaran rahasia. Sebuah karangan bunga kecil dari bunga berwarna-warni ini mengungkapkan sentimen penuh kasih "Aku sedang memikirkanmu" kepada penerimanya.

8. Geranium

Baik ditanam dalam pot atau keranjang gantung atau sebagai bunga potong dalam karangan bunga, mempersembahkan geranium kepada orang yang dicintai menunjukkan bahwa "Anda adalah pilihan saya."

9. Morning Glory

Bunga morning glory yang bentuknya seperti terompet menandakan harapan yang padam dan cinta yang tak terbalas.

Dengan bunga yang hanya terbuka di pagi hari, bukan di malam hari atau saat hujan, wanita zaman Victoria memberikannya kepada pelamar sebagai tanda bahwa mereka telah memilih orang lain.

10. Lily of the Valley

Bunga lily of the valley populer karena aromanya yang indah dan bunganya yang lembut berbentuk lonceng. Mewakili kembalinya kebahagiaan, bunga ini menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai simbol abadi perdamaian.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/02/123800976/mengenal-10-bunga-cantik-dan-maknanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke