Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kucing Berguling-guling di Lantai dan Tanah, Pertanda Apa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang, perilaku yang dilakukan oleh seekor kucing dari berbagai macam jenis dan ras tidak dapat dijelaskan oleh manusia, sekalipun itu pemilik kucing.

Hal-hal yang tampak lucu bagi orang, seperti mengejar tali atau memanjat tirai, adalah hal yang wajar bagi kucing dan sebenarnya didasarkan pada naluri seekor kucing.

Jika kamu pernah melihat kucing berguling-guling di lantai hingga tanah di dalam dan luar rumah, maka kemungkinan besar kamu bertanya-tanya, apa yang memotivasi mereka perilaku aneh ini.

Kucing yang berguling-guling di lantai atau jalanan aspal maupun tanah mungkin sebuah perilaku yang tak asing dilihat, baik itu kucing peliharaan maupun kucing liar. Biasanya hal itu disertai dengan suara mengeong.

Apabila kamu ingin tahu mengapa kucing berguling-guling di lantai atau tanah, teruslah membaca artikel ini untuk mencari tahu jawabannya, dilansir dari beberapa sumber, Senin (15/2/2021).

Penyebab kucing berguling-guling

1. Untuk menandai wilayah

Berguling-guling di lantai adalah perilaku yang tidak hanya terlihat pada kucing domestik, tetapi juga pada kucing yang lebih besar.

Salah satu alasan kucing melakukan ini adalah untuk menandai wilayah mereka, sekaligus menjauhkan kucing lain serta musuh yang mungkin membuat mereka merasa terancam dengan kehadiran hewan lain tersebut.

Bagaimana kucing melakukan ini? Feromon bertanggung jawab dalam menandai wilayah. Semua hewan, termasuk manusia, mengeluarkan feromon, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan bau khas mereka, di antara fungsi lainnya.

Itu sebabnya ketika kucing ingin melindungi wilayahnya, mereka menggosokkan seluruh tubuhnya ke lantai, tanah dan permukaan lain, dengan tujuan menyebarkan bau mereka ke sekitarnya.


Jadi, jika kamu memerhatikan bahwa kucingmu berguling-guling atau menggeliat di lantai manapun, ini mungkin penyebabnya. Mereka hanya mengikuti naluri kucing mereka untuk melindungi wilayah mereka.

2. Mereka bergairah

Feromon juga berperan penting saat berahi pada kucing, baik jantan maupun betina. Mereka tidak hanya mengirimkan bau khas setiap kucing, tetapi juga menandakan perubahan tubuh tertentu, seperti waktu ideal untuk kawin.

Selama periode ini, betina dan jantan menunjukkan perilaku unik dimana mereka cenderung berguling-guling di tanah lebih dari biasanya.

Mereka melakukan ini untuk menyebarkan feromon mereka dengan aroma panas dan dengan demikian menarik semua calon pasangan di dekatnya.

3. Untuk menenangkan diri

Memang benar bahwa kucing memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi dan karena itu suka melakukan hal-hal seperti berjemur atau tidur di dekat pemanas. Ketika panas musim panas meningkat, kucing mungkin terpengaruh olehnya, dan menjadi sedikit kewalahan.

Untuk mendinginkan, kemungkinan kucing tidak hanya akan minum air dalam jumlah yang lebih banyak dan mencari tempat yang berventilasi untuk beristirahat, tetapi juga akan menggosok lantai rumahmu jika terbuat dari bahan seperti granit, marmer atau kayu, yang biasanya dingin saat disentuh.

Jadi, jika kamu memerhatikan bahwa kucingmu berguling-guling di lantai di luar atau di rumahmu dan juga minum lebih banyak air daripada biasanya, ini mungkin penyebabnya.

Cobalah untuk membantu mereka merasa dingin dengan menyalakan kipas angin atau membuka jendela jika ada angin segar.

4. Ada yang mengganggu di tubuhnya

Fleksibilitas kucing adalah salah satu ciri paling simbolik mereka. Melihat mereka menggeliat dalam posisi yang tampaknya mustahil bagi manusia pada umumnya, layaknya seorang guru yoga.

Namun, terlepas dari elastisitasnya yang luar biasa, kucingmu mungkin saja tidak dapat mencapai rasa gatal tertentu yang dimilikinya.

Jadi mereka memilih untuk menggosok beberapa benda untuk menghilangkannya. Ini mungkin alasan mereka menggosok lantai, jika iritasi terletak di punggung mereka, misalnya.

5. Untuk bermain

Ada banyak cara yang kucingmu katakan bahwa mereka ingin bermain denganmu, salah satunya berguling-guling di tanah atau permukaan apapun yang dekat denganmu.

Saat mereka melakukannya, coba dekatkan mainan atau dekati dengan gerakan yang menunjukkan niatmu untuk bermain. Kamu pasti akan bersenang-senang bersama.

6. Menginginkan perhatian

Kucing, terutama yang tinggal di apartemen, menghibur diri dengan mengejar manusia di sekitar rumah dan memerhatikan apa yang mereka lakukan di siang hari. Ini adalah hobi mereka bergantian dengan jam tidur mereka yang panjang.


 

Jika kamu terlalu sibuk untuk menghabiskan cukup waktu dengan kucingmu, dia mungkin bosan atau merasa kamu mengabaikannya, jadi dia akan mencoba menarik perhatianmi sebisa mungkin. Mereka tidak tahan jika kamu tidak memerhatikan mereka.

Membalikkan badan dan berguling-guling sambil memperlihatkan perut adalah trik yang dilakukan kucing, dengan harapan mereka dapat meyakinkanmu untuk menghabiskan waktu bersama.

Jika kucingmu telah melakukan ini sebelumnya dan menerima perhatian serta dimanjakan olehmu seperti yang mereka inginkan, kemungkinan besar kucingmu akan terus melakukannya untuk mendapatkan hasil yang sama.

7. Mereka ingin catnip

Kucing dikenal sangat menyukai catnip, yang merupakan tanaman dengan aroma yang khas. Catnip memiliki aroma seperti paduan mint dan lemon yang unik.

Catnip menyenangkan bagi kebanyakan kucing, dan efek utamanya adalah untuk bersantai dan membantunya merasa puas.

Jika kamu menyebarkan sedikit rumput ini di tanah, itu normal bagi kucing untuk berputar telentang dan berguling-guling ke segala arah, menjilati semua efek yang dihasilkan zat ini.

8. Merasa selamat dan aman

Kucing tidak akan berguling telentang kecuali ia merasa aman dan terlindungi. Faktanya, seekor kucing berguling telentang saat ia dalam kondisi paling rileks.

Jika seekor kucing berguling di depanmu, itu pertanda baik. Ini adalah cara kucing mengatakan, "Aku percaya padamu."

Mengekspos perut dan bagian sensitifnya adalah momen yang sangat rentan bagi kucingmu, yang merupakan kesempatan bagimu berdua untuk terikat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/15/141300076/kucing-berguling-guling-di-lantai-dan-tanah-pertanda-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke