Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membersihkan Noda pada Setrika

JAKARTA, KOMPAS.com — Setrika yang terlalu kotor membuat fungsi pemanasnya akan bermasalah. Akibatnya, saat digunakan, setrika tak lagi bisa maksimal menghaluskan baju.

Endapan mineral dari air dan uap menumpuk seiring waktu. Jika tidak dibersihkan, noda akan semakin membandel yang terdapat di alas setrika. 

Selain itu, jika setrika milikmu adalah setrika uap, lubang uap juga dapat tersumbat karena kotoran. Hasilnya adalah setrika yang hampir tidak berfungsi, noda yang menempel pada pakaian dan membuatmu merasa kesal.

Kabar baiknya adalah, kamu bisa membersihkan setrika untuk mengembalikan fungsinya.

Berikut adalah cara membersihkan setrika seperti dikutip dari Real Estate, Kamis (11/2/2021).

1. Membersihkan setrika dengan cuka

Cuka adalah cara yang bagus untuk menghilangkan noda dan penumpukan mineral dari dalam zat besi. Kamu dapat membersihkan setrika dengan cuka menggunakan langkah-langkah berikut:

2. Membersihkan setrika dengan soda bikarbonat atau baking soda

Baking soda adalah bahan pembersih yang dibutuhkan setiap ibu rumah tangga. Itu bagus dalam membersihkan semuanya, termasuk setrika.

Campurkan bicarbonate dengan air untuk membuat pasta. Gunakan kain lap dan gosok bagian dasar setrika dengan lembut, untuk menghilangkan noda.

Setelah selesai, gunakan kain lap bersih untuk menyeka bagian dasar setrika dengan air bersih. Ulangi seperlunya sampai noda bersih.


3. Membersihkan setrika dengan pasta gigi

Pasta gigi akan menghilangkan bekas dengan lembut dalam waktu singkat. Berikut cara melakukannya.

Pastikan setrika mati dan benar-benar dingin, peras pasta gigi secukupnya ke alasnya. Ambil kain lap dan gosok di alasnya, kerjakan pasta gigi dalam lingkaran kecil. 

Kemudian, lap dengan lap basah untuk menghilangkan sisa pasta gigi sebelum menggunakan setrika kembali.

 4. Membersihkan setrika dengan lembaran pengering

Lembaran pengering dapat dibeli dari sebagian besar supermarket dan sangat bagus dalam membersihkan setrika.

Cukup ambil satu lembar pengering dan gosok bagian dasar setrika. Dengan cepat kamu akan melihat noda dan noda mulai terangkat. Lanjutkan menggosok sampai semua tanda hilang dari alas setrika, ganti seprai seperlunya.

5. Membersihkan setrika dengan koran

Jika setrika perlu dibersihkan, tetapi tidak punya waktu pergi ke toko untuk membeli seprai pengering, koran juga bisa digunakan.

Ambil selembar koran dan remas-remas menjadi bola, tekan dan gosok di bagian dasar setrika hingga bersih. Karena koran cukup kuat, kamu dapat menambahkan sedikit air untuk mempermudah tugasmu.

Mencegah setrika agar tidak mudah kotor

Sekarang setrika Anda sudah bagus dan bersih dan siap digunakan kembali. Tetapi kamu harus menjaga agar setrika tetap bersih.

Penyebab utama setrika menjadi kotor adalah karena penumpukan mineral dari air keran. Kamu bisa meminimalkan efek negatif ini dengan menggunakan air suling untuk setrika uap. Selain itu, saat menyimpan setrika, pastikan setrika bebas dari air dan benar-benar kering.

Jadi begitulah, beberapa cara yang telah dicoba dan diuji untuk menjaga agar setrika tetap bersih.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/11/165000476/tips-membersihkan-noda-pada-setrika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke