Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Terbaik Menyimpan Pakaian, Digantung atau Dilipat?

JAKARTA, KOMPAS.com - Coba lihat isi lemari pakaian Anda, apakah semua pakaian dilipat atau digantung, atau kombinasi keduanya?

Namun demikian, menurut jenis pakaiannya, apakah sebaiknya pakaian disimpan dengan cara dilipat atau digantung di lemari pakaian? Jawabannya adalah tergantung.

"Apa yang harus dilipat dan digantung tergantung pada beberapa faktor, (termasuk) seberapa banyak ruang yang Anda miliki di lemari pakaian dan meja rias, apa kebiasaan pribadi Anda, jenis pakaian yang Anda miliki, (dan) jenis kain apa," kata Darla DeMorrow, pemilik HeatWork Organizing dan penulis Organizing Your Home with SORT and Succeed seperti dikutip dari Martha Stewart, Jumat (29/1/2021).

Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis pakaian yang sebaiknya digantung atau dilipat di lemari pakaian Anda.

1. Digantung - Pakaian berbahan ringan dan jatuh

Pakaian berbahan ringan dan jatuh seperti misalnya sutra dan chiffon, terang DeMorrow, harus digantung di lemari pakaian.

"Apa pun yang terbuat dari sutra, sifon, atau bahan 'mengalir' lainnya, biasanya gaun atau blus, (harus digantung),” ujar perapi profesional Melissa Keyser.

2. Digantung - Linen

Pakaian berbahan linen terkenal mudah kusut. Itulah mengapa jauh lebih baik untuk menggantung pakaian linen apa pun di lemari pakaian.

"Menggantung (pakaian berbahan linen) mencegah kusut yang tidak perlu. Linen hampir selalu perlu disetrika agar terlihat mulus dan pastinya selalu harus digantung," ucap Robyn Reynolds, perapi profesional dan CEO Organize2Harmonize.

3. Digantung - Celana

Meskipun jeans tidak selalu membutuhkan banyak tempat di lemari pakaian, Anda harus merencanakan untuk menggantung semua celana Anda yang lain seperti celana panjang yang lebih resmi.

"Gaun dan celana kasual harus selalu digantung. Anda bisa menggantungnya begitu saja atau melipatnya di gantungan," terang Reynolds.

4. Digantung - Blus dan jaket

Jika Anda tidak ingin blus Anda penuh dengan lipatan dan kerutan yang mengganggu, pastikan untuk menyimpannya di gantungan.

"Blus harus selalu digantung. Ini akan membantu menghilangkan kerutan utama," tutur Reynolds.

Sementara itu, jaket adalah pakaian berukuran besar. Bila Anda mencoba melipatnya dan menaruhnya di lemari pakaian, maka tidak hanya akan menyebabkan kerutan dan potensi kerusakan pada struktur potongan, tetapi juga akan memakan sebagian besar ruang di lemari pakaian Anda.

"Jaket apa pun harus digantung. Apa pun jenisnya, blazer, jaket jeans, sweater, terlalu tebal untuk dilipat," ungkap Reynolds.


5. Dilipat - Sweater tebal

Sweater tebal sebaiknya dilipat dan disimpan di lemari pakaian. Ini untuk menjaga struktur kain dan menghemat ruang di lemari pakaian Anda.

"Sweater yang benar-benar tebal biasanya harus dilipat. Ada teknik melipat untuk membungkus sweater Anda dengan lembut di sekitar gantungan untuk menghindari tanda gantungan, tetapi umumnya tidak intuitif bagi kebanyakan orang, dan sweater tebal bisa memiliki lebar yang sangat tebal," ujar DeMorrow.

6. Dilipat - Pakaian olahraga

Celana yoga, atasan olahraga, pakaian olahraga, dan apa pun yang Anda kenakan ke gym, sebaiknya dilipat saat disimpan di lemari pakaian.

"(Pakaian olaharaga) bisa miring dan meregang jika di gantungan," ungkap Keyser.

7. Dilipat - Celana pendek

Meskipun Anda tidak perlu melipat celana pendek, sebenarnya tidak ada alasan untuk menggantungnya. Jadi mungkin lebih baik jika dilipat dan disimpan di lemari pakaian.

"Celana pendek harus selalu dilipat karena tidak masuk akal untuk menggantungnya," terang  Reynolds.

8. Dilipat atau digantung - Kaos

Beberapa jenis pakaian bisa dilipat maupun digantung, salah satunya adalah kaos atau T-shirt. Ini semua tergntung pada ruang di lemari pakaian dan preferensi pakaian.

"T-shirt bisa digantung, dilipat, atau ditumpuk. Tidak ada keraguan bahwa menggantungnya mengurangi kemungkinan munculnya kerutan. Tapi kebanyakan kaos modern memiliki sejumlah serat elastis di dalamnya (Lycra atau sejenisnya) yang memungkinkannya relatif bebas kerutan, (termasuk saat dilipat)," papar DeMorrow.

Jika Anda memutuskan untuk menggantung T-shirt Anda, pastikan untuk menggunakan gantungan yang tepat, misalnya yang berbantalan.

9. Digantung atau dilipat - Celana jeans

Jeans adalah salah satu pakaian paling serbaguna di lemari pakaian Anda, ini termasuk dalam hal penyimpanannya.


"(Jeans) adalah celana yang paling mudah dilipat karena biasanya berada di sisi yang lebih tebal dan akan menahan bentuknya. Tentu saja, beberapa lebih suka menggantungnya. Jika demikian, menurut saya lebih baik melipatnya di atas gantungan," jelas Reynolds.

10. Digantung atau dilipat - Syal

Anda memiliki koleksi syal? Koleksi Anda ini bisa dilipat, digulung, atau digantung, sesuai selera Anda.

Meskipun syal dapat disimpan dengan berbagai cara, ukuran syal sering kali menentukan apakah lebih masuk akal untuk dilipat atau digantung.

"Syal yang lebih besar harus dilipat karena memudahkan untuk disimpan. Syal kecil yang dikenakan di sekitar leher bisa dilipat dan disimpan di laci atau wadah serta digantung di gantungan syal," ungkap Reynolds.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/29/123000776/cara-terbaik-menyimpan-pakaian-digantung-atau-dilipat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke