Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Basmi Hama Kutu Putih dengan Air Sabun Cuci Piring

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses merawat dan memelihara tanaman, terdapat banyak tantangan untuk membuatnya tumbuh dengan baik dan terhindar dari berbagai kerusakan akibat serangan hama.

Dan salah satu hama yang biasa menyerang tanaman adalah kutu putih, yang mana bentuknya seperti serat kapas putih atau serangga kecil bergerombol berwarna putih, yang menempel pada daun atau batang tanaman.

Hama kutu putih adalah suatu hama kutu daun, yang mana untuk pembasmiannya sedikit sulit dilakukan, karena hama satu ini memiliki lapisan kandungan lilin pada tubuhnya.

Artinya, tubuh si hama kutu putih seperti mengandung minyak, sehingga pada saat melakukan penyemprotan pestisida itu biasanya hama kutu putih tidak bisa langsung terbasmi.

Dan apabila kutu putih adalah hama yang muncul dan sudah terlihat pada tanamanmu, jangan dibiarkan berlama-lama, karena mereka pasti akan bisa merusak tanaman.

Daun tanaman yang diserang hama kutu putih bisa menjadi layu serta kering, bahkan bisa mengalami kerontokan.

Untuk membasmi hama kutu putih lebih efektif dan mudah, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan air yang dicampur sabun pencuci piring cair.

Dilihat dari akun Youtube Tanaman Rumah, Kamis, (7/1/2021), kandungan sabun cair dari sabun cuci piring dapat melunturkan lapisan lilin pada tubuh kutu putih, sehingga itu bisa membasmi dan membuat mati kutu putih.

Metode pembasmian kutu putih satu ini bisa menjadi paling mudah untuk dipraktikkan, karena bahan utamanya mungkin sudah tersedia di wastafel rumahmu.

Cara pembuatan

Siapkan sabun pencuci piring cair dari berbagai merek, usahakan yang memiliki kandungan jeruk nipis. Setelah itu, siapkan pula air dan botol semprot.

Sabun pencuci piring ini akan dijadikan larutan untuk membasmi hama kutu putih yang ada atau muncul pada tanaman yang kamu miliki di rumah.



Masukkan air sebanyak 1 liter ke dalam botol semprot. Selanjutnya, masukkan 1 sendok makan cairan sabun pencuci piring ke dalammya dan kocok hingga larut merata.

Cara pembasmian hama kutu putih

Semprotkan cairan air sabun pencuci piring ke seluruh daun yang sudah terserang hama kutu putih secara merata dan perlahan.

Setelah disemprot, diamkan beberapa saat sekitar 15-20 menit agar cairan sabun pencuci piring bekerja melumpuhkan hama kutu putih.

Biarkan cairan sabun pencuci piring bekerja sampai hama kutu putih benar-benar terbasmi atau mati.

Dalam hal ini, kamu perlu memerhatikan keadaan hama kutu putih setelah disemprot dengan air sabun cuci piring. Hama kutu putih yang terkena air cairan pencuci piring secara langsung biasanya akan mati.

Saat hama kutu putih tidak ada pergerakkan lagi setelah disemprot air sabun cuci piring, proses pembasmian yang kamu lakukan itu berhasil.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/07/175200876/basmi-hama-kutu-putih-dengan-air-sabun-cuci-piring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke