Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Barang Rumah Tangga Terlaris Sepanjang 2020, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - 2020 sudah dilewati beberapa hari yang lalu, dan di tahun tersebut banyak kisah pahit yang dirasakan oleh warga dunia karena pandemi Covid-19.

Di 2020, banyak orang di seluruh negeri melakukan panic buying alias pembelian karena panik, lantatan takut akan suatu hal, saat mereka tahu bahwa virus corona jadi ancaman serius bagi kehidupan manusia, terlebih adanya himbauan untuk tidak bepergian dan tetap di rumah.

Banyak orang mungkin termasuk kamu bergegas ke toko swalayan terdekat untuk mendapatkan segala macam persediaan yang akan bertahan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Sementara yang lainnya juga mencari perlindungan dengan belanja online untuk mendapatkan barang yang bisa mereka dapatkan dalam jumlah besar.

Hal-hal yang tidak pernah terpikir untuk dibeli seperti masker hand sanitizer, tiba-tiba menjadi langka dalam sesaat dan sulit ditemukan.

Melihat kembali ke tahun 2020, beragam peralatan dan kebutuhan rumah tangga menjadi pusat dari seluruh hidup manusia, terlebih saat mereka banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

Dilansir dari Bob Vila, Senin, (4/1/2021) setidaknya ada 20 barang rumah tangga yang habis terjual di tahun 2020, berikut di antaranya.

1. Tisu Toilet

Tisu toilet memang kebutuhan krusial, namun kebanyakan dari kita mungkin tidak pernah memikirkan tentang apa yang akan terjadi jika kita tidak dapat menemukannya di mana pun. Sayangnya, itulah yang terjadi tahun 2020.

Di banyak negara, orang-orang berdiri dalam antrean yang panjang sejak pagi buta hanya untuk menemukan toko-toko lokal menjual tisu toilet.

Akibatnya, beberapa toko harus membatasi jumlah pembelian tisu toilet terhadap satu pelanggan. Membeli beberapa tisu toilet di toko online pun tidak bisa ditemukan.

2. Kloset

Meskipun tidak sepopuler di bagian lain dunia, Amerika dengan cepat mengikuti tren bidet (benda serupa kloset duduk dengan keran air) ketika tahun 2020 mengambil banyak persediaan tisu toilet mereka.

Produsen bidet melaporkan lonjakan penjualan yang luar biasa yang mengurangi pasokan mereka tidak seperti sebelumnya.

3. Hand sanitizer

Hand sanitizer atau pembersih tangan sering kali menjadi suatu yang praktis jika tangan terasa sangat kotor tetapi kamu tidak berada di dekat sabun dan air.

Pandemi mengubah semua yang kamu ketahui tentang pembersih tangan. Setelah pandemi melanda, hand sanitizer terjual begitu cepat, sehingga perusahaan alkohol terpaksa menggunakan kembali pasokan alkohol mereka sebagai desinfektan untuk massa.

4. Produk pembersih rumah tangga

Bersamaan dengan hand sanitizer, orang-orang panik tentang cara membersihkan rumah mereka, khususnya permukaan dengan sentuhan tinggi seperti gagang pintu dan sakelar lampu.


Menemukan semprotan pembersih dan tisu dengan disinfektan di dalamnya menjadi prioritas utama, namun tidak mungkin didapat secara online atau di toko.

5. Permainan papan

Karena harus berada di rumah, banyak keluarga menemukan diri mereka dan merasakan kedekatan yang begitu terasa, tidak seperti sebelumnya, sebelum tahun 2020.

Salah satu cara untuk menikmati kebersamaan satu sama lain adalah dengan sedikit persaingan sehat dalam bentuk permainan papan.

Permainan papan menjadi sangat populer tahun ini sehingga banyak orang di beberapa negara sering harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sampai tersedia kembali.

6. Ragi

2020 adalah tahun untuk membuat adonan kue maupun roti yang dilakukan banyak orang saat merasa jenuh terus berada di rumah.

Untuk beberapa alasan, karantina menyebabkan peningkatan besar pada jenis roti khusus, sehingga bahan-bahan seperti ragi dan tepung serbaguna menjadi sulit didapat.

7. Pewarna rambut

Saat salon harus ditutup, banyak orang panik. Mereka tentu bisa membiarkan rambutnya tumbuh sedikit lebih panjang dari yang mereka inginkan, tapi sulit untuk tidak dengan mempertahankan warna rambut berharga mereka.

Meskipun alat pewarna rambut rumahan sering dianggap berisiko, orang menjadi putus asa dan mencoba sendiri untuk menjadi penata warna rambut mereka sendiri.

Akibatnya, penjualan pewarna rambut kotak meroket, dan sering kali banyak warna yang sangat dicari terjual habis.

8. Perabot kantor rumah

Banyak pekerja dengan cepat mengetahui bagaimana rasanya bekerja dari rumah pada tahun 2020, ketika kantor mereka ditutup karena pandemi. Meja dan kursi segera menjadi sulit didapat di toko-toko perabot dan toko online.

9. Peralatan olahraga

Penutupan gym dan studio kebugaran membuat orang sangat membutuhkan beberapa alat olahraga untuk membuat gym sendiri di rumah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh untuk melawan virus.

Dumbel adalah salah satu peralatan pertama yang terjual habis, didambakan karena kemampuannya untuk mengambil ruang minimal sambil menyediakan berbagai bobot.

10. Peralatan memasak

Penutupan restoran menyebabkan banyak orang mengambil hobi baru, yakni memasak dan membuat kue. Semua orang dengan cepat menjadi master chef.

Penjualan barang-barang seperti lembaran kue, pembuat pasta, panci pizza, oven, pengolah makanan, dan lainnya berada pada rekor tertinggi.


 

11. Pakaian santai

Saat harus melakukan segala sesuatunya di rumah, banyak orang dengan cepat menyadari bahwa mereka membutuhkan lebih banyak pakaian santai, terutama barang yang menggabungkan kenyamanan dengan gaya.

12. Sabun cuci tangan

Betapa meresahkannya jika sabun cuci tangan sangat laris sehingga tidak bisa mendapatkannya, mengingat langkah efektif membunuh virus dan kuman adalah cuci tangan menggunakan sabun dan air selama 20 detik.

Sabun cuci tangan terjual sangat cepat tahun 2020, berbagai merek kesehatan dan kecantikan dengan cepat membuat sabun cuci tangan versinya sendiri untuk membantu mengatasi masalah pasokan.

13. Air fryer

Dengan semua orang mencoba masakan rumah mereka pada tahun 2020, makanan yang lebih sehat dan nyaman terbukti sukses besar.

Buku terlaris selama pandemi adalah air fryer yang mampu menggoreng makanan tanpa repot, tak berantakan, dan dalam waktu singkat.


 

14. Penyedot debu atau vacuum cleaner

Pada 2020, orang-orang memprioritaskan pembersihan tidak seperti sebelumnya. Penyedot debu robot dan nirkabel sangat diminati karena pandemi yang menyebabkan rumah penuh dan banyak kotoran ekstra.

Selain itu, cukup banyak orang merasa perlu untuk lebih rapi dari sebelumnya untuk menjauhkan patogen berbahaya di rumah.

15. Kit kuku

Penutupan salon memaksa orang untuk menjadi teknisi kuku mereka sendiri pada tahun 2020. Pertama, produk seperti penghapus cat kuku terjual habis untuk menghilangkan apa yang tidak bisa diperbaiki orang.

Ketika masa karantina diperpanjang, orang-orang menyadari bahwa mereka perlu membeli perlengkapan kuku gel dan produk perawatan kuku, yang terjual habis.


16. Mesin jahit

Salah satu hobi populer yang dilakukan banyak orang selama pandemi adalah menjahit. Dari memperbaiki tumpukan pakaian robek, hingga mencoba membuat bantal bermotif.

Mesin jahit menjadi sangat populer dan sulit didapat tahun 2020 di beberapa negara.

17. Perlengkapan hewan peliharaan

Untuk mengusir kebosanan, banyak orang yang memelihara hewan peliharaan baru. Akibatnya, penjualan persediaan hewan peliharaan meroket.

18. Freezer

Ketika orang-orang panik membeli semua yang terlihat di toko bahan makanan, mereka menyadari betapa sedikit ruang yang mereka miliki untuk menyimpannya.

Oleh karena itu, mereka sampai merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli freezer atau lemari pembeku untuk menyimpan makanan sekaligus berjualan makanan beku.

19. Layanan hiburan

TV tambahan untuk menarik perhatian anggota keluarga lainnya adalah salah satu item hiburan paling populer di tahun 2020.

Kemudian, sistem suara seperti Sonos menjadi hit besar. Sebelum menyadarinya, seluruh sistem hiburan telah terjual habis untuk memberikan mata dan telinga orang kesenangan yang sangat dibutuhkan dengan semua waktu yang dihabiskan di rumah.

20. Alat perkakas

Orang-orang siap untuk melakukan kegiatan merenovasi. Peralatan tukang seperti kotak perkakas, cat, tangga, bangku pijakan, dan lainnya habis terjual di banyak negara.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/04/193000176/20-barang-rumah-tangga-terlaris-sepanjang-2020-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke