Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Hias Berbunga Paling Meriah untuk Dekorasi Libur Tahun Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur tahun baru 2021 telah tiba, dan mungkin ini menjadi waktu yang juga tepat untuk memberikan dekorasi tanaman hias berbunga khusus libur tahun baru yang meriah.

Libur tahun baru ini mungkin membuatmu lebih memilih di rumah saja, mengingat Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian dan tidak mengizinkan adanya keramaian.

Oleh karena itu, meletakkan tanaman hias berbunga yang meriah sebagai dekorasi bisa menghadirkan keceriaan untukmu dan keluarga di rumah, sekaligus menyambut tahun baru yang penuh harapan lebih baik.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis, (31/12/2021), berikut ini 5 tanaman hias berbunga paling meriah untuk dekorasi libur tahun baru.

1. Amarilis yang besar dan berani

Bunga poinsettia atau kastuba mungkin ada di mana-mana selama liburan, tetapi menilai dari tag Instagram, amarilis sebenarnya mungkin lebih populer.

Dan tidak heran, amarilis memiliki bunga mekar spektakuler yang dapat bertahan selama berminggu-minggu dengan sedikit perawatan.

Amarilis datang dalam beberapa warna berbeda seperti putih, merah, koral, merah anggur, merah muda, dan dwiwarna alias bicolor. Jika tanamanmu datang dalam pot polos, masukkan ke dalam wadah dekoratif, atau potong bunga bertangkai panjang dan masukkan ke dalam air dengan pengawet bunga.

2. Kastuba klasik

Jika ada tanaman yang mewujudkan frasa, "Selamat Liburan," itu adalah poinsettia atau kastuba klasik. Carilah kastuba dalam warna merah, merah muda cerah, krem, putih, aprikot, atau manapun yang kamu sukai.

Tanaman yang lembut ini tidak menyukai angin dingin di dekat jendela dan pintu, tetapi kamu dapat menggunakannya untuk mengapit pintu luar.


3. Kalanchoe yang menawan

Dengan daun montok, hijau dan bunga-bunga cerah, kalanchoe adalah tanaman hias favorit liburan lainnya.

Jika kamu penasaran, #kalanchoe telah di-tag di Instagram 313.000 lebih, jadi mereka tidak ketinggalan terlalu jauh di belakang poinsettia.

Kalanchoe mampu mekar selama berminggu-minggu, varietas dengan bunga putih, merah muda, atau merah cocok dengan warna musiman. Kamu bisa menemukannya dalam warna oranye terang dan juga kuning.

Kalanchoe adalah tanaman sukulen, jadi mereka menyukai cahaya terang, tetapi bukan sinar matahari langsung. Cobalah meletakkannya di dapur, kamar mandi, atau kantor rumahmu untuk keceriaan libur tahun baru.

Siram kalanchoe saat tanah terasa kering dan biarkan sisa air mengalir untuk mencegah akar membusuk.

4. Cyclamen

Cyclamen mungkin tidak begitu akrab dengan tanaman liburan seperti poinsettia atau amarilis, tetapi mereka masih bisa bisa mencerahkan dekorasi tahun barumu.

Daun dan bunga cyclamen berbentuk hati dalam warna ungu, merah tua, putih, merah muda, dan warna lainnya terlihat menggemaskan, atau berbaur dengan tanaman hias lainnya .

Cyclamen akan mekar hingga musim semi jika disimpan di tempat yang sejuk.

Tanaman hias ini menjadi tidak aktif setelah mekar, tetapi biasanya akan hidup kembali setelah masa istirahat.

5. Kaktus Natal

Kaktus Natal biasa menjadi tanaman hias untuk liburan, termasuk libur tahun baru. Tanaman ini merupakan sukulen yang memiliki bunga eksotis yang tampak datang dalam warna magenta, merah, pink, koral, putih dan warna lain.

Kaktus Natal juga memiliki masa hidup yang sangat panjang (tanaman dapat hidup hingga 100 tahun), jadi beberapa tukang kebun yang beruntung memiliki tanaman yang ditanam oleh kakek buyut mereka.

Kaktus Natal adalah salah satu tanaman yang membutuhkan penyiraman yang sejuk, terang, dan jarang.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/31/184700876/5-tanaman-hias-berbunga-paling-meriah-untuk-dekorasi-libur-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke