Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Membersihkan Microwave Oven, Pakai Lemon dan Cuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave oven seringkali luput untuk dibersihkan. Kalaupun dibersihkan, kerap kali hanya permukaan luarnya.

Akan tetapi, bagian dalam microwave oven kadang-kadang luput dari kegiatan pembersihan rutin. Sebuah penelitian yang dilakukan End of Tenancy Cleaning Company pun menemukan, 8 dari 10 pemilik microwave oven lupa membersihkan perangkat masak tersebut sebulan sekali.

Tanpa pembersihan secara rutin, microwave oven dapat dipenuhi dengan sisa makanan yang mengering dan bau kurang sedap.

Nah, bagaimana cara membersihkan microwave oven? Dilansir dari Good Housekeeping UK, Selasa (17/11/2020), berikut penjelasannya.

1. Gunakan lemon untuk menghilangkan bau pada microwave oven

Untuk menghilangkan bau dan sisa makanan yang telah mengering di microwave, masukkan beberapa irisan lemon atau beberapa sendok makan cuka ke dalam mangkuk berisi air dingin. Pastikan air dingin tidak lebih dari separuh mangkuk.

Masukkan mangkuk ke dalam microwave. Panaskan microwave dalam temperatur tinggi sampai air mendidih dan jendela pintu microwave berembun.

Diamkan hingga dingin selama sekitar 15 menit sebelum membuka pintu microwave. Lap jendela dan bagian dalam microwave dengan tisu dapur yang mampu menyerap minyak.

Jangan lupa mengelap tombol-tombol dan kenop, serta bagian atas microwave.

2. Gunakan cairan pembersih

Jika microwave di rumah memiliki interior berbahan akrilik atau dilapisi cat, lap dengan kain dan larutan yang terbuat dari air hangat dan cairan pembersih. Jangan gunakan produk atau bahan pembersih yang bersifat abrasif.

3. Gunakan cuka

Jangan lupa membersihkan karet pelapis pintu atau bingkai microwave dengan lap basah. Kalau tidak dibersihkan, kotoran akan terperangkap pada karet tersebut.

Bersihkan jendela microwave dengan larutan yang terbuat dari cuka dan air. Kemudian, keringkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/17/150300276/cara-mudah-membersihkan-microwave-oven-pakai-lemon-dan-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke