Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Latihan Nuklir 14 Aggota NATO, Insiden dalam Program Luar Angkasa Jepang

Kompas.com - 13/10/2022, 05:44 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Kabar soal latihan nuklir yang akan digelar 14 anggota NATO menjadi berita paling disorot oleh pembaca kanal Global Kompas.com kemarin.

Berita internasional terpopuler lainnya datang dari Jepang, yang untuk pertama kali sejak 2003 mengalami insiden dalam program luar angkasanya.

Badan antariksa Jepang, JAXA, dilaporkan mengirim perintah penghancuran Epsilon setelah roket tersebut mengalami kegagalan dalam peluncurannya pada Rabu (12/10/2022).

Berikut rangkuman berita populer Global lainnya daro Kompas.com edisi Rabu (12/10/2022) dan Kamis (13/10/2022).

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Kronologi WNI Diberondong 100 Peluru | Pestisida di Bumbu Cabai Mie Sedaap

1. 14 Anggota NATO Bakal Gelar Latihan Nuklir Terlepas dari Peringatan Putin

Sebanyak 14 negara anggota NATO akan melangsungkan latihan nuklir yang telah lama direncanakan pada pekan depan.

Mereka dilaporkan akan tetap melakukan latihan tersebut meski terjadi peningkatan ketegangan terkait perang di Ukraina dan ada desakan dari Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa ia tidak sekadar menggertak ketika mengatakan akan menggunakan segala cara untuk mempertahankan wilayah Rusia.

Latihan bertajuk “Steadfast Noon” alias “Siang yang Tegar” itu diadakan setiap tahun dan biasanya berlangsung selama sekitar sepekan, baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-222 Serangan Rusia ke Ukraina: Ikut Perang untuk Hindari Istri Galak | Dukungan 9 Negara NATO

2. Jepang Hancurkan Roketnya Setelah Gagal Diluncurkan, Insiden Pertama sejak 2003

Badan antariksa Jepang, JAXA, mengatakan bahwa pihaknya mengirim perintah penghancuran Epsilon setelah roket tersebut mengalami kegagalan dalam peluncurannya pada Rabu (12/10/2022).

Roket tak berawak, yang dirancang untuk diluncurkan dalam tiga tahap, tersebut membawa beberapa satelit ke orbit pada misinya, sebagaimana dilansir AFP.

“Roket itu tidak dapat melanjutkan penerbangan yang aman, karena bahaya yang akan ditimbulkannya jika jatuh ke tanah,” kata seorang pejabat JAXA dalam pernyataan yang disiarkan televisi. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Roket Blue Origin Milik Jeff Bezos Jatuh Saat Bawa Bahan Penelitian

 

3. [POPULER GLOBAL] Kronologi WNI Diberondong 100 Peluru | Pestisida di Bumbu Cabai Mie Sedaap

Berita yang memuat kronologi WNI asal Semarang diberondong 100 peluru salah sasaran di Texas memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita mengenai seorang pria di AS yang mendapatkan lotre setelah melakukan analisis selama 20 tahun.

Berita internasional di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait Singapura menarik dua varian Mie Sadaap lagi karena temuan pestisida di dalam bumbu cabai. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Rumah WNI Novita Ditembak 100 Peluru di AS | Raja Malaysia Beri Penghargaan Ibu Angkat Rohana

4. Rusia Pertimbangkan Pertemuan Putin-Biden di G20 Bali

Rusia mempertimbangkan pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden AS Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia.

KTT G20 sendiri telah dijadwalkan bakal diadakan pada 15-16 November 2022.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan Rusia akan siap mempertimbangkan pertemuan antara Presiden Putin dan Presiden Joe Biden di sela-sela KTT G20, jika tawaran itu dibuat. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Biden Tak Berniat Bertemu Putin di KTT G20, tapi...

5. Australia Peringati 20 Tahun Tragedi Bom Bali, PM Albanese: Tujuan Para Teroris Tak Tercapai

Hari ini, Rabu (12/10/2022), tepat 20 tahun tragedi bom Bali berlalu. Bom Bali 1 meledak pada 12 Oktober 2002.

Aksi teror tersebut menewaskan 202 orang, termasuk 88 warga Australia.

Untuk mengenang tragedi mematikan itu, warga Australia pun mengadakan peringatan bom Bali yang digelar di Kota Sydney serta beberapa kota besar lainnya di benua tersebut. Baca selengkapnya di sini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com