Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 400 Orang Menangi Jackpot Lotre Filipina, Pengawas Kaget: Kok Bisa?

Kompas.com - 05/10/2022, 22:33 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

MANILA, KOMPAS.com - Sebanyak 433 orang berhasil memenangi jackpot dalam sebuah pengundian lotre di Filipina yang mengejutkan dan memicu pengawasan.

Ini adalah jumlah tertinggi orang yang pernah memenangi hadiah utama Grand Lotto, menurut media lokal.

Kombinasi pemenang untuk jackpot 236 juta peso (Rp 61 miliar) akhir pekan lalu adalah serangkaian angka yang semuanya kelipatan sembilan.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Cerita Pria Menyesal Menang Lotre Rp47 Miliar | Temuan Samudra Keenam

Pemimpin minoritas senat Filipina Koko Pimentel telah menyerukan penyelidikan atas hasil yang "mencurigakan".

Peserta Grand Lotto Filipina memilih enam nomor dari satu hingga 55. Untuk memenangi jackpot, keenam nomor pemain harus sesuai dengan yang ditarik oleh operator lotre.

"Permainan lotre adalah sah di Republik Filipina. Oleh karena itu, kita perlu menjaga dan melindungi integritas dari permainan judi ini," kata Pimentel sambil menyerukan penyelidikan atas hasil undian yang tidak biasa ini sebagaimana dilansir BBC pada Selasa (4/10/2022).

Pada Minggu (2/10/2022), Melquiades Robles, manajer umum Kantor Undian Amal Filipina (PCSO), berusaha meyakinkan publik dan mengatakan pengundian nomor pemenang tidak dapat dicurangi.

Dalam penjelasannya PCSO menyorot bahwa orang-orang di Filipina cenderung bertaruh pada urutan angka.

"Banyak yang mempertahankan nomor mereka. Tidak hanya baik untuk setia pada istri dan suami Anda, tetapi juga baik untuk setia pada nomor Anda," kata Robles dalam konferensi pers.

Baca juga: Disuruh Istri Belanja ke Toko Lalu Iseng Beli Lotre, Pria Ini Jackpot Rp 2,9 Miliar

PCSO juga membagikan foto dan video orang-orang yang mengumpulkan hadiah uang mereka di kantornya di kota Mandaluyong, dekat dengan Ibu Kota Manila.

"Saya telah bertaruh pada pola sembilan, pola delapan, pola tujuh dan pola enam selama bertahun-tahun dan saya bersyukur saya baru saja menang," kata salah satu pemenang.

Kombinasi langka, tapi mungkin

Terence Tao, seorang profesor matematika dari University of California, Los Angeles mengatakan kepada BBC bahwa pola seperti itu sebagai rangkaian angka yang menang adalah jarang terjadi "untuk setiap lotre tunggal".

"Tetapi ada ratusan lotre setiap hari di seluruh dunia, dan secara statistik tidak mengherankan bahwa setiap beberapa dekade, salah satu lotre ini akan menunjukkan pola yang tidak biasa," katanya.

“Ini mirip dengan bagaimana di tangan poker mana pun tidak mungkin untuk mendapat straight flush, tetapi jika seseorang melihat ratusan ribu tangan sekaligus maka sebenarnya sangat mungkin bahwa straight flush akan ditarik,” tambahnya.

Baca juga: Pria Beruntung Ini Menang Lotre Rp 45 Miliar Tak Lama Setelah Saudaranya Jackpot Rp 15 Miliar

Ini bukan pertama kalinya undian lotre melihat pola atau urutan angka yang tidak biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com