Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Negara Persemakmuran Inggris Ingin Memisahkan Diri | Warga Rusia Tuntut Putin Mundur

Kompas.com - 15/09/2022, 05:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Kabar mengenai keluarga kerajaan Inggris dan berita terbaru soal peralihan takhta menjadi berita terpopuler dari kanal Global Kompas.com kemarin.

Seruan baru di negara-negara persemakmuran untuk menghapus Raja Charles III sebagai kepala negara mereka setelah kematian Ratu Elizabeth II secara khusus mendapat banyak sorotan pembaca.

Selain itu ada juga kabar tentang perang Rusia-Ukraina yang tampaknya menunjukkan dinamika yang berbeda dari awal perang.

Serangan ofensif pasukan pasukan Presiden Volodymyr Zelensky kini mulai membuahkan hasil, dengan kembalinya sejumlah wilayah yang sebelumnya dikuasai Rusia.

Berikut berita internasional terpopuler lainnya dari kanal Global Kompas.com edisi Rabu (14/9/2022) hingga Kamis (15/9/2022):

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Kharkiv Blackout | Sultan Brunei Raja Terlama yang Masih Hidup

1. Raja Charles III Naik Tahkta, Negara Persemakmuran Mana Saja yang Ingin Memisahkan Diri?

Aksesi Raja Charles III mendorong seruan baru di negara-negara Karibia untuk menghapus raja sebagai kepala negara mereka.

Kematian Ratu Elizabeth II telah memicu curahan belasungkawa dari seluruh dunia, tetapi di beberapa bekas koloni muncul pertanyaan tentang masa depan monarki.

Dengan Raja Charles III naik ke takhta Inggris, para politisi dan aktivis di Karibia telah memperbarui seruan untuk mencopotnya sebagai kepala negara mereka.

Berikut perdebatan yang muncul di sekitar negara Persemakmuran, sebagaimana dilansir Al Jazeera, baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Pemakaman Ratu Elizabeth II Jadi Hari Libur di Kanada

2. [POPULER GLOBAL] Pangeran Andrew Diolok-olok | Raja Louis XIV Pemegang Takhta Terlama

Berita mengenai seorang pria ditangkap setelah mengolok-olok Pangeran Andrew saat peti mati Ratu Elizabeth II naik ke Royal Mile Edinburgh memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya ada berita mengenai keberadaan Raja Louis XIV dari Perancis yang ternyata lebih lama memegang takhta ketimbang Ratu Elizabeth II dari Inggris.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar rangkuman Populer Global edisi Selasa (13/9/2022) hingga Rabu (14/9/2022) pagi yang dapat disimak, baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Saat Raja Charles III Pimpin Iring-iringan Peti Mati Ratu Elizabeth II Lintasi Edinburgh...

3. Rangkuman Hari Ke-202 Serangan Rusia ke Ukraina, Kyiv Rebut Wilayah Seluas Pulau Madura, Waspada Langkah Tak Terduga Putin

Ada banyak hal yang terjadi “mewarnai” perang Rusia-Ukraina hari ke-202 pada Selasa (13/9/2022).

Ini termasuk Rusia mengeklaim telah meluncurkan serangan besar-besaran di semua garis depan.

Pada saat yang sama, Amerika Serikat (AS) menyebut Ukraina membuat kemajuan signifikan dalam perang melawan Rusia, baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Kolaborator Pasukan Putin Melarikan Diri, Lari ke Perbatasan Berusaha Masuk Rusia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com