Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Meninggalnya Gorbachev Diperingati secara Berbeda di China?

Kompas.com - 01/09/2022, 12:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Penghormatan untuk Mikhail Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet yang meninggal Selasa (30/8/2022) dalam usia 91 tahun, mengalir dari seluruh dunia.

Banyak pemimpin global memuji perannya dalam mempromosikan perdamaian dan memajukan kebebasan.

Namun di China, warisan Gorbachev terlihat dalam sudut pandang yang berbeda.

Baca juga: Kerap Dipuji Putin, Mendiang Gorbachev Tetap Tak Ragu Mengkritiknya

Dilansir CNN, Gorbachev memunculkan momok dari peristiwa bersejarah yang telah lama disebut-sebut sebagai kisah peringatan bagi Partai Komunis yang berkuasa, yakni jatuhnya Uni Soviet.

Gorbachev, yang memimpin Uni Soviet dari tahun 1985 hingga keruntuhannya pada akhir tahun 1991, secara luas dikreditkan dengan perannya membantu mengakhiri Perang Dingin dan memperkenalkan reformasi politik dan ekonomi utama ke Uni Soviet.

Namun, untuk seluruh generasi pemimpin China, Gorbachev telah datang untuk mewakili bahaya, yakni merangkul reformasi demokrasi.

Para pejabat lama menyebut China yang diperintah Komunis dapat menghadapi nasib yang sama dengan Uni Soviet, jika politik internal dibiarkan tidak terkendali.

Baca juga: Kebijaksanaan Mendiang Mikhael Gorbachev dan Cairnya Perang Dingin

Tanggapan resmi Beijing atas kematian Gorbachev pun berlangsung singkat.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China, ketika dimintai komentar dalam briefing Rabu, mengatakan Gorbachev "telah memberikan kontribusi positif pada normalisasi hubungan antara China dan Uni Soviet."

"Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarganya atas kematiannya yang disebabkan oleh penyakit," kata juru bicara itu.

Ketika berita tentang kematian mantan pemimpin itu menjadi tren di platform media sosial China Weibo pada Rabu (31/8/2022) pagi, banyak pengguna mengungkapkan perasaannya.

Baca juga: Kronologi Naik-Turunnya Mikhail Gorbachev hingga Bubarnya Uni Soviet

"Uni Soviet dihancurkan olehnya dan generasi setelahnya," tulis seorang pengguna, yang juga bertanya apakah Gorbachev akan "malu" bertemu dengan pemikir Komunis Karl Marx dan Vladimir Lenin setelah kematiannya.

Yang lain menunjuk dengan sinis bagaimana Gorbachev dicintai oleh Amerika Serikat dan Barat.

Publikasi nasionalis terkemuka Hu Xijin dalam sebuah posting di Twitter pada hari Rabu menuduh Gorbachev memenangkan "pujian luas di Barat dengan menjual kepentingan tanah airnya."

Tabloid nasionalis yang dikelola negara Global Times menunjuk kritik serupa dalam sebuah artikel berbahasa Inggris, di mana ia menghubungkan runtuhnya Uni Soviet dengan "demokratisasi parsial masyarakat Soviet di bawah Gorbachev."

Baca juga: Putin Berbelasungkawa Mendalam atas Berpulangnya Mikhail Gorbachev

"Sebagai pelajaran bagi pemerintahan China sendiri, Partai Komunis China menjunjung tinggi jalur sosialisnya sendiri dengan karakteristik China, menggarisbawahi kedewasaan dan ketenangan politik," kata artikel itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com