Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Balik Ukraina Tidak Bisa Cepat Kalahkan Rusia

Kompas.com - 01/09/2022, 12:12 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com - Oleksiy Arestovych selaku penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta orang-orang jangan berharap serangan balik negaranya bisa cepat mengalahkan Rusia.

Dalam komentarnya pada Rabu (31/8/2022) dia berujar, Ukraina tidak ingin kehilangan terlalu banyak prajurit selama serangan balasan.

"Ini proses yang sangat lambat karena kami menghargai orang, karena kami membutuhkan sebanyak mungkin warga Ukraina untuk pulang," kata Oleksiy Arestovych dikutip dari Reuters.

Baca juga: Militer Rusia Dilaporkan Kekurangan Personel untuk Berperang di Ukraina

"Tidak akan ada kesuksesan yang cepat... sukses yang cepat selalu berarti banyak darah," lanjutnya dalam wawancara di YouTube.

Sebelumnya pada hari itu, seorang pejabat regional mengatakan bahwa pasukan Ukraina mencatatkan keberhasilan di tiga wilayah Kherson yang diduduki Rusia.

Ukraina pada Senin (29/8/2022) mengumumkan dimulainya serangan balik di selatan untuk merebut kembali wilayah di sana.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, formasi dari pasukan Ukraina berhasil memukul pasukan Rusia untuk mundur di beberapa wilayah.

Pada Senin juga, Ukraina mengumumkan bahwa pasukan daratnya melancarkan serangan untuk kali pertama setelah mengirim beberapa serangan udara di jalur pasokan Rusia.

Baca juga:

Serangan-serangan udara yang sebelumnya telah dilancarkan Ukraina menyasar berbagai target, termasuk tempat tempat pembuangan amunisi dan jembatan di seberang Sungai Dnieper yang penting secara strategis.

“Jika mereka ingin bertahan, sudah waktunya bagi militer Rusia untuk melarikan diri. Pulanglah,” kata Zelensky dalam pidato larut malam.

Sebelumnya, Sergiy Khlan ajudan kepala wilayah Kherson pada Minggu (24/7/2022) mengatakan, Ukraina akan merebut wilayah di selatan tersebut dari tangan Rusia pada September 2022.

"Bisa kita katakan bahwa Kherson pasti akan dibebaskan pada September, dan semua rencana penjajah akan gagal," kata Sergiy Khlan dalam wawancara dengan stasiun tv Ukraina, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Ukraina Punya Momentum Rebut Kherson dari Tangan Rusia

Berita video "Ukraina Lancarkan Serangan Balik, Zelensky Beri Peringatan" dapat disimak di bawah ini.

Adimas Afif Serangan Balik Pasukan Ukraina Via Darat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com