Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Tangkap Terduga Gembong Narkoba Buron "Most Wanted" FBI

Kompas.com - 16/07/2022, 16:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Otoritas Meksiko menangkap terduga gembong narkoba yang masuk daftar 10 buron "Most Wanted" atau paling dicari FBI.

Terduga gembong narkoba bernama Rafael Caro Quintero itu diburu atas kasus pembunuh agen federal Amerika Serikat (AS), kata sumber angkatan laut pada Jumat (15/7/2022).

AS menuduh Rafael Caro Quintero memerintahkan penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan agen khusus Drug Enforcement Administration (DEA) Enrique "Kiki" Camarena pada 1985.

Baca juga: Daftar 10 Buron Most Wanted FBI, Uang Imbalannya sampai Rp 287 Miliar

Quintero ditangkap tahun itu, diadili di Meksiko, dan dijatuhi hukuman 40 tahun penjara.

Namun, pada 2013 pengadilan Meksiko memerintahkan pembebasan Caro Quintero dengan alasan teknis hukum setelah dia menjalani hukuman selama 28 tahun.

Keputusan itu kemudian dibatalkan oleh Mahkamah Agung Meksiko, tetapi Quintero sudah kadung bersembunyi.

FBI menggambarkan Caro Quintero sebagai sosok yang sangat berbahaya, dan mematok hadiah 20 juta dollar AS (Rp 300 miliar) bagi siapa pun yang menemukannya.

Baca juga:

Dia dituduh ikut mendirikan kartel narkoba Guadalajara dan saat ini menjalankan cabang kartel Sinaloa yang terkenal, menurut DEA.

Caro Quintero ditangkap oleh angkatan laut di negara bagian Chihuahua, Meksiko utara, menurut media Meksiko.

Tahun lalu pengadilan Meksiko memutuskan bahwa Caro Quintero dapat diekstradisi ke Amerika Serikat jika tertangkap, menolak banding dari pengacaranya yang berpendapat bahwa dia sudah diadili di pengadilan Meksiko.

Baca juga: Tak Sengaja Bantu Interpol Tangkap Sindikat Kriminal di 100 Negara, Gembong Narkoba Diminta Segera Serahkan Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com