Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Hiu Tewaskan Seorang Wanita, Bentangan Pantai Langsung Ditutup

Kompas.com - 03/07/2022, 11:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com – Serangan hiu di Mesir menewaskan seorang wanita Austria yang berenang di dekat resor Hurghada pada Jumat (1/7/2022).

Atas insiden tersebut, pihak berwenang Mesir pada Sabtu (2/7/2022) menutup bentangan garis pantai Laut Merah di negara tersebut, sebagaimaan dilansir The New Arab.

Korban merupakan seorang wanita berusia 68 tahun. Dia kehilangan kaki dan lengan akibat serangan hiu dan meninggal tak lama setelah dia dibawa ke rumah sakit swasta di Hurghada.

Baca juga: Misteri Kepunahan Hiu Purba Megalodon 3 Juta Tahun Lalu Terungkap

Seorang pejabat yang enggan disebutkan identitasnya karena tidak berwenang untuk berbicara dengan media mengatakan, para staf medis sempat berupaya menyelamatkan korban, namun tidak berhasil.

Menurut dokumen internal dari Kantor Gubernur Provinsi Laut Merah, yang dibagikan kepada The Associated Press, pihak berwenang akan menutup daerah itu selama tiga hari.

Berbagai aktivitas laut juga dilarang termasuk menyelam, snorkelling, wind surfing, dan kite sailing. Kapal penangkap ikan juga dilarang di perairan Hurghada.

Baca juga: Bangkai Hiu Tergantung di Langit-langit Sekolah AS, Ternyata Digantung Siswa sebagai Lelucon

Serangan hiu relatif jarang terjadi di wilayah pesisir Laut Merah Mesir dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2020, seorang anak laki-laki Ukraina kehilangan lengan dan seorang pemandu wisata Mesir kehilangan kakinya karena serangan hiu.

Pada 2010, serentetan serangan hiu menewaskan satu turis Eropa dan melukai beberapa lainnya di Sharm el-Sheikh di Semenanjung Sinai, di seberang Laut Merah dari Hurghada.

Baca juga: Diserang Hiu, TikToker Viral Ini Nekat Meninju Hiu tepat di Wajah

Resor Laut Merah Mesir, termasuk Hurghada dan Sharm el-Sheikh, adalah salah satu destinasi pantai utama negara itu dan populer di kalangan wisatawan Eropa.

Penyelam tertarik oleh terumbu karang di lepas pantai yang menawarkan kehidupan laut yang kaya dan berwarna-warni.

Pihak berwenang dalam beberapa tahun terakhir berusaha untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata, yang dihantam oleh ketidakstabilan selama bertahun-tahun.

Baca juga: Australia Buru Hiu Putih Besar yang Bunuh Seorang Perenang, Terparah sejak 1963

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com