Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umumkan Operasi Militer Rusia di Donbass, Putin Suruh Tentara Ukraina Pulang

Kompas.com - 24/02/2022, 12:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (24/2/2022) pagi mengizinkan operasi militer khusus di wilayah Donbass Ukraina.

Putin juga mengatakan kepada militer Ukraina untuk meletakkan senjatanya dan pulang.

Dalam pidato khusus yang disiarkan televisi di TV Pemerintah Rusia, Putin berujar bahwa Rusia tidak punya pilihan selain mempertahankan diri dari apa yang dia katakan sebagai ancaman dari Ukraina modern.

Baca juga: Putin Perintahkan Operasi Militer Rusia di Ukraina

Ia kemudian memberi pilihan kepada tentara Ukraina.

"Saya mendesak Anda untuk segera meletakkan senjata dan pulang. Semua tentara Ukraina yang memenuhi permintaan ini akan bebas meninggalkan zona pertempuran dan kembali ke keluarga mereka," katanya dikutip dari Reuters.

Belum diketahui seberapa luas ruang lingkup operasi militer Rusia di Ukraina.

Reporter Reuters di Kiev, ibu kota Ukraina, mendengar ledakan yang terdengar seperti tembakan artileri di kejauhan tak lama setelah Putin selesai berpidato.

Putin mengatakan, Rusia akan segera merespons jika ada kekuatan eksternal yang mencoba mengganggu, dan Moskwa akan mencoba melakukan demiliterisasi serta menghilangkan pengaruh Nazi di Ukraina.

"Rusia tidak bisa merasa aman, berkembang, dan eksis dengan ancaman konstan yang berasal dari wilayah Ukraina modern," ucap Putin.

Komentarnya muncul setelah Amerika Serikat mengatakan, Rusia menempatkan hampir 150.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, dan setelah separatis yang didukung Rusia meminta bantuan militer kepadanya untuk melawan apa yang mereka katakan sebagai agresi Ukraina yang berkembang.

Namun, Kiev membantah agresi semacam itu.

"Semua tanggung jawab atas pertumpahan darah akan berada pada hati nurani rezim yang berkuasa di Ukraina," kata Putin kepada TV pemerintah.

"Semua orang harus percaya serangan langsung ke negara kita akan menyebabkan kekalahan dan konsekuensi yang mengerikan bagi setiap agresor potensial."

Baca juga: Rusia Umumkan Perang, Kota-kota Besar Ukraina Langsung Dihantam Ledakan


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com