Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan Senior Taliban Tewas Saat Lawan ISIS-K di RS Afghanistan

Kompas.com - 04/11/2021, 07:41 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KABUL, KOMPAS.com - Komandan senior Taliban, Hamdullah Mokhlis, tewas ketika bertempur melawan ISIS-K di sebuah rumah sakit di Afghanistan.

Kematian Mokhlis itu diumumkan oleh para ofisial Taliban pada Rabu (3/11/2021).

Hamdullah Mokhlis adalah anggota jaringan garis keras Haqqani dan perwira di pasukan khusus Korps Badri. Ia merupakan tokoh paling senior yang terbunuh sejak Taliban merebut Kabul, ibu kota Afghanistan.

Baca juga: Haibatullah Akhundzada, Pemimpin Tertinggi Taliban untuk Pertama Kali Muncul di Publik

"Ketika mendapat informasi bahwa Rumah Sakit Sardar Daud Khan diserang, Maulvi Hamdullah (Mokhlis), komandan korps Kabul, segera bergegas ke tempat kejadian," kata petugas media Taliban yang dikutip AFP.

"Kami mencoba menghentikannya tetapi dia tertawa. Belakangan kami mengetahui bahwa dia gugur dalam pertarungan langsung di rumah sakit," tambahnya.

Sedikitnya 19 orang tewas pada Selasa (2/11/2021) dalam serangan yang diklaim oleh saingan garis keras Taliban, ISIS-Khorasan atau ISIS-K, di rumah sakit militer utama Kabul.

Serangan itu dimulai dengan seorang pembom bunuh diri meledakkan bahan peledaknya di dekat pintu masuk rumah sakit, kemudian orang-orang bersenjata masuk ke halaman.

Taliban lalu mengerahkan pasukan khusus mereka ke atap gedung dengan helikopter yang dirampas dari peninggalan militer Amerika Serikat (AS).

Saksi mata menggambarkan adegan teror kepada AFP. Para pasien dan dokter mencoba mengunci diri di kamar lantai atas dan adu tembak pun terjadi.

Dalam pernyataan yang dirilis di saluran Telegramnya, ISIS-K mengatakan bahwa "lima anggota ISIS melakukan serangan terkoordinasi secara simultan" di situs tersebut.

Juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid tidak menyebutkan jumlah korban tewas, dan mengatakan serangan itu dihentikan dalam waktu 15 menit berkat intervensi cepat.

Baca juga: Gambar Pertemuan Taliban dan Delegasi Asing Picu Kemarahan, Disebut “Pesta Sosis”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com