Taliban telah Bersiap Ambil Kendali Bandara Kabul Jelang Tenggat Waktu Evakuasi

Kompas.com - 29/08/2021, 18:25 WIB
Taliban berjaga di pos pemeriksaan dekat gerbang Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Sabtu, 28 Agustus 2021. AP PHOTO/WALI SABAWOONTaliban berjaga di pos pemeriksaan dekat gerbang Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Sabtu, 28 Agustus 2021.

KABUL, KOMPAS.com - Taliban bersiap untuk mengambil kendali bandara Kabul dari AS, kata Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, ketika tenggat waktu penarikan pasukan dan evakuasi kurang sebentar lagi, 31 Agustus 2021.

Taliban mengerahkan pasukan tambahan di luar bandara Kabul untuk mencegah kerumunan besar setelah terjadinya serangan bom bunuh diri pada Kamis (26/8/2021).

Pos pemeriksaan tambahan bermunculan di jalan menuju bandara Kabul, dengan beberapa milisi menggunakan Humvee dan kacamata penglihatan malam yang dirampas dari pasukan keamanan Afghanistan.

Baca juga: Hanya Dibantu Awak Pesawat Evakuasi, Pengungsi Afghanistan Lahirkan Bayi di Ketinggian 30.000 Kaki

Taliban juga telah mendorong warga Afghanistan untuk tinggal, menjanjikan amnesti bahkan kepada mereka yang memerangi kelompok militan itu selama pendudukan Barat. 

Taliban lalu mengatakan penerbangan komersial akan dilanjutkan setelah penarikan AS, tetapi tidak jelas apakah maskapai penerbangan akan bersedia menawarkan layanan.

AS dan sekutunya mengatakan mereka akan terus memberikan bantuan kemanusiaan melalui PBB dan mitra lainnya, tetapi keterlibatan yang lebih luas - termasuk bantuan pembangunan - kemungkinan akan bergantung pada apakah Taliban memenuhi janji mereka tentang pemerintahan yang lebih moderat.

Melansir Al Jazeera pada Sabtu (28/8/2021), militer AS telah menarik sebagian pasukannya serta menyerahkan pos penjagaan kepada Taliban di perimeter luar bandara Kabul dan di beberapa posisi di dalam bandara, sebelum tenggat waktu penarikan pasukan asing pada 31 Agustus.

Jumlah pasukan AS sekarang turun menjadi 4.000, dari puncak 5.800 dalam sepekan terakhir.

Baca juga: Taliban Siapkan Kabinet Baru Jelang Berakhirnya Evakuasi di Afghanistan

Saat ini, sebagian besar sekutu AS telah menyelesaikan penerbangan evakuasi mereka, seperti Inggris yang mengakhiri evakuasi pada Sabtu (28/8/2021).

Perdana Menteri Boris Johnson berjanji untuk melakukan berbagai cara lain untuk menyelamatkan mereka yang tertinggal.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.